Masuk

PUB Ketiga, Jumlah Soal Ujian Dipangkas

Troso, MAMHTROSO.com – MA Matholi’ul Huda Troso, pagi ini (16/11/2013), menggelar Pekan Ulangan Bersama (PUB) tahap ketiga. Berbeda dengan PUB terdahulu, jumlah soal yang diujikan pada ulangan kali ini lebih sedikit.

Soal mata pelajaran non-eksak yang sebelumnya berjumlah 10 butir, kini dipangkas hanya menjadi kurang dari 10 butir soal, menyesuaikan kebijakan guru mata pelajaran yang bersangkutan. Untuk mata pelajaran eksak dikurangi menjadi 3 butir soal.

Kepala Tata Usaha MA MH Troso, Mustain, mengungkapkan, pemangkasan jumlah soal dilakukan untuk mengurangi durasi waktu ujian, sehingga diharapkan proses belajar-mengajar (PBM) dapat berjalan normal dari jam pertama hingga kedelapan. “Sebelumnya ada beberapa ujian mata pelajaran eksak dialokasikan satu jam. Hal itu menyebabkan PBM hanya dapat berjalan mulai jam pelajaran kelima,” jelasnya.

Pembagian waktu itu, kata dia, dianggap merugikan oleh sejumlah guru mata pelajaran yang kebagian mengajar di jam pertama sampai keempat. “Dalam kurun waktu seminggu, guru-guru yang mengajar jam pertama sampai keempat harus rela kehilangan jam mengajar karena terambil PUB,” kata Mustain.

Mustain menambahkan, meski jadwal PBM dapat berjalan hingga delapan jam pelajaran, waktu yang dialokasikan untuk setiap kali tatap muka tetap harus dipangkas. “Dialokasikan 25 menit untuk setiap tatap muka. Ini berlaku selama PUB saja. Kalau sudah selesai PUB, durasi waktu akan kembali normal, yaitu 40 menit per tatap muka,” terangnya.

PUB tahap ketiga rencananya akan berakhir pada Rabu (20/11/2013) mendatang. Setelah itu, MA MH Troso bakal menggelar Ulangan Akhir Semester Gasal. Rencananya, evaluasi enam bulanan itu akan dimulai pada tanggal 25 November sampai dengan 4 Desember 2013. (Agus Ahmad Fadloli)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 17 November 2013 06:58

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.