Masuk

Hujan Terus Mengguyur, Sejumlah Agenda Madrasah Diurungkan

Troso, MAMHTROSO.com – Sejumlah agenda kemadrasahan yang rencananya bakal digelar MA Matholi’ul Huda Troso pada bulan Januari ini terpaksa diurungkan. Penyebabnya adalah intensitas curah hujan yang terus meningkat dalam beberapa minggu terakhir.

Hujan yang terus mengguyur menjadikan agenda mingguan seperti upacara pengibaran bendera ditiadakan. Padahal, kegiatan itu baru digalakkan pada awal tahun ajaran 2013 lalu, setelah sebelumnya sempat vakum selama bertahun-tahun. Belum adanya prasarana berupa aula berukuran besar menyebabkan upacara tidak dapat dialihkan ke dalam ruangan saat kondisi cuaca buruk.

Senada, latihan pramuka juga ikut-ikutan tersendat lantaran hujan yang terus melanda. Latihan kepanduan yang biasanya diadakan setiap dua minggu sekali itu memang selalu diadakan di luar ruangan. Kegiatan itu menyelingi mata pelajaran muhadlarah yang juga diadakan setiap dwimingguan. Namun lantaran hujan, pertemuan kepramukaan tersebut ditiadakan sampai cuaca kembali normal.

Pembinaan pasukan khusus madrasah juga terkendala lantaran hujan. Para anggota pasukan yang sedianya dididik menjadi tim serbaguna di lingkungan madrasah itukini harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan pembinaan lanjutan.

Kegiatan momental seperti peringatan maulid Nabi Muhammad juga beberapa kali ditunda pelaksanaanya. Awalnya, acara tersebut sudah direncanakan bakal digelar hari Rabu (15/1) lalu. Namun karena masih belum memungkinkan, acara diundur hingga Sabtu (18/1). Lantaran hujan yang masih mengguyur, acara akhirnya ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan.

Kebijakan Diperlunak

Dalam kondisi cuaca seperti ini, pihak madrasah menerapkan beberapa kebijakan baru yang diharapkan dapat mempermudah siswa mengikuti proses belajar-mengajar.

Kebijakan tersebut di antaranya, membolehkan siswa membawa sandal ke lingkungan madrasah, mengundur jam masuk sekolah, hingga memperlunak sanksi bagi siswa yang terlambat hadir di madrasah. (Agus Ahmad Fadloli)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.