Logo
Cetak halaman ini

Banjir Susulan di Desa Troso Kian Parah

Troso, MAMHTROSO.com – Banjir kembali merendam sejumlah wilayah di Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, Selasa (21/1) petang. Bencana itu diperparah dengan jebolnya beberapa titik tanggul sungai.

Banjir susulan terjadi sekitar pukul 17.50 WIB, setelah hujan deras disertai angin melanda selama hampir satu jam. Tidak lama berselang, air sungai meluber hingga kembali menggenangi permukiman warga. Sebelumnya, banjir juga telah merendam ratusan rumah yang berada di dekat bantaran sungai, namun akhirnya sempat surut.

Di wilayah RT 2 RW 2, banjir bahkan merusak beberapa rumah warga, salah satunya rumah milik Sulim yang diterjang luapan air sungai akibat jebolnya tanggul di belakang rumahnya, sekitar pukul 19.30 WIB. Alhasil dapur rumah itu mengalami kerusakan yang cukup parah akibat tersapu banjir. Sebuah rumah juga dikabaran nyaris roboh akibat banjir susulan kali ini.

Tanggul jebol juga terjadi di RT 3 RW 2 dan RT 9 RW 7. Akibatnya ketinggian air yang memasuki permukiman warga lebih parah dari sebelumnya. Beberapa ruas jalan penghubung antardesa dan antarkampung juga lumpuh dalam beberapa jam.

Untungnya, banjir susulan kali ini tidak berlangsung terlalu lama. Debit air berangsur-berangsur normal sekitar pukul 22.00 WIB.

Petinggi Desa Troso Abdul Basir seusai memantau lokasi banjir meminta kepada warga untuk saling membantu para korban banjir. “Desa kita sedang darurat banjir. Saya harapkan, besok masyarakat dapat bahu-membahu turut mengatasi jebolnya tanggul sungai,” ungkapnya kepada MAMHTROSO.com. “Kami sudah mengupayakan sekitar 500 karung untuk besok,” tambah Basir.

Pemerintah desa berjanji akan memberikan bantuan kepada para warga yang terkena banjir. “Kita ambilkan dari ADD (Alokasi Dana Desa, red), dan akan kita prioritaskan,” ungkap Basir. (Agus Ahmad Fadloli)

Terakhir diperbarui pada Rabu, 22 Januari 2014 15:20
Hakcipta © 2015 MA Matholi'ul Huda Troso.