Masuk

Hari Terakhir UN, Siswa Lebih Santai

Featured Kegembiraan siswa seusai menyelesaikan ujian nasional. MAMHTROSO.com Kegembiraan siswa seusai menyelesaikan ujian nasional.

MAHTROSO.com, Troso – Hari terakhir Ujian Nasional 2014, Rabu (16/4), dirasakan lebih santai oleh siswa-siswa MA Matholi’ul Huda Troso. Mereka menghadapi ujian mata pelajaran Bahasa Inggris, Fisika (IPA), dan Ekonomi (IPS).

“Agak lumayan santai karena ini hari terakhir,” kata Arina Ida Husnaya (17) kepada MAMHTROSO.com, Rabu (16/4).

Arina menuturkan, selama tiga hari mengikuti ujian, hari kedua, Selasa (15/4) dianggap yang terberat dalam mengerjakan soal. “Hari kedua pelajarannya susah-susah karena Matematika dan Kimia. Keduanya sama-sama main rumus,” ungkap siswi kelas XII IPA-1 itu.

Dia mengaku, variasi soal yang dikeluarkan pada ujian nasional tahun ini lebih rumit bila dibandingkan dengan ujian tahun 2013. “Kalau tahun lalu soalnya itu lebih gampang dipahami. Sedangkan tahun ini modelnya agak berbeda dengan contoh-contoh yang selama ini diajarkan ibu guru,” jelasnya.

Lantaran hal itu, dia mengaku menemukan banyak kesulitan saat menyelesaikan soal ujian. “Beberapa ada yang ngawur menjawabnya,” akunya.

Penuturan senada disampaikan Yuni Wahyuningsih (17). Menurut Yuni, suasana pelaksanaan UN hari terakhir dirasakan lebih cair ketimbang hari sebelumnya.

Meski demikian, Yuni mengakui tingkat kesulitan soal mata pelajaran Fisika yang dihadapinya tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya. “Saya kira bisa happy ending seperti waktu Ujian Madrasah kemarin, ternyata tidak. Tipe soal Fisika yang dikeluarkan tidak sama dengan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) yang diajarkan. Otomatis kita harus berpikir keras untuk menemukan jawabannya, ” tutur dia.

Selain Fisika, dia mengeluhkan pula pelajaran Biologi dan Kimia yang dianggap melenceng dari SKL yang diberikan.

Dia berharap, upaya keras yang telah dilakukannya bersama seluruh siswa dapat membuahkan hasil. “Saya berharap tingkat kelulusan bisa 100 persen lagi,” tutupnya.

Pantauan MAMHTROSO.com, di hari terakhir UN nampak ekspresi gembira di wajah para siswa saat mereka keluar dari ruangan ujian. Mereka nampak senang lantaran telah berhasil melewati ujian kelulusan tersebut.

Besok Tetap Masuk, Ini Agendanya

Setelah merampungkan UN kali ini, siswa tingkat akhir MA MH Troso masih mempunyai sejumlah agenda. Yang terdekat adalah pembentukan panitia perpisahan yang rencananya digelar besok (17/4).

“Besok tetap masuk untuk rapat pembentukan panitia acara perpisahan siswa kelas XII,” kata Kepala MA Matholi’ul Huda Troso Drs. H. Nur Kholis Syam’un. Nantinya, seluruh siswa diharapkan dapat terlibat dalam struktur kepanitiaan.

Setelah agenda pembentukan panitia perpisahan selesai, para siswa akan mendapatkan libur selama seminggu. “Liburnya dimulai hari Sabtu sampai Senin (19-21/4), lalu Selasa (22/4) masuk untuk mengikuti kegiatan pramuka, dan libur lagi sampai Sabtu (26/4),” jelasnya. (Agus Ahmad Fadloli)

Terakhir diperbarui pada Rabu, 16 April 2014 17:17

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.