Masuk

Latih Kekompakan Tim, Dewan Ambalan Adakan Outbound

Featured Dua tim sedang berlomba meniti tongkat secara estafet. MAMHTROSO.com Dua tim sedang berlomba meniti tongkat secara estafet.

MAMHTROSO.COM, TROSO – Dewan Ambalan Gugus Depan MA Matholi’ul Huda Troso menggelar outbound kepramukaan, Selasa (6/5) siang. Kegiatan itu bertujuan untuk melatih kekompakan dan kerjasama dalam sebuah tim.

Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberi hiburan kepada siswa setelah seharian belajar di dalam kelas.

Pradana Ambalan putra Noor Arif mengemukakan, kegiatan outbound kali ini diisi dengan 3 permainan yang diikuti oleh seluruh anggota pramuka penegak di gudep MA Matholi’ul Huda Troso. “Permainan pertama diberi nama tic tac games, kemudian meniti tongkat secara estafet, dan memecah balon dengan tongkat,” kata dia.

Galeri kegiatannya, klik tautan ini.

Arif memaparkan, permainan tic tac games melibatkan sedikitnya 5 orang dalam satu tim. Empat orang bertugas memegangi 4 buah tongkat yang ditata secara bersilangan. Mereka kemudian mengayun-ayunkan tongkat yang dipeganginya dengan gerakan buka-tutup. Sementara itu, seorang lainnya berusaha melewati celah yang terbentuk agar kakinya tidak tersangkut. “Untuk rintangan yang lebih sulit, bisa dimainkan oleh 6 sampai 8 orang,” paparnya.

Pada permainan kedua, dibutuhkan sedikitnya 7 orang untuk setiap timnya. 6 orang di antaranya memegang tongkat seraya membentuk 3 barisan layaknya jembatan. Sedangkan satu orang lainnya berusaha berjalan di atas deretan tongkat-tongkat tadi.

Setelah barisan pertama terlewati, dua orang yang bertugas memegang tongkat pada barisan tersebut langsung bergegas pindah ke barisan paling depan. Begitu seterusnya sampai tim itu berhasil menempuh jarak yang ditentukan.

“Permainan kedua lebih seru karena ada kompetisinya. Dua atau tiga tim beradu cepat untuk mencapai garis finish,” imbuhnya.

Arif melanjutkan, setelah menyelesaikan permainan kedua, tim harus melewati permainan berikutnya. Aturannya cukup mudah. Seluruh anggota tim memegang sebatang tongkat yang sebelumnya telah diberi tali. Mereka harus bekerja sama menjaga tongkat tadi agar tetap berdiri tegak. Setelah itu, mereka harus memecahkan balon menggunakan tongkat tersebut.

“Permainan ketiga juga diadakan lomba antartim,” pungkasnya. Agus Ahmad Fadloli

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.