Masuk

Dewan Ambalan 2014-2015 Dikukuhkan

Featured Pembina Gudep MA Matholi'ul Huda Troso (berbaju hitam) mengambil janji para anggota Dewan Ambalan. MAMHTROSO.com Pembina Gudep MA Matholi'ul Huda Troso (berbaju hitam) mengambil janji para anggota Dewan Ambalan.

Troso, MAMHTROSO.com – Dewan Ambalan Gugus Depan (Gudep) MA Matholi’ul Huda Troso masa bakti 2014-2015 resmi dikukuhkan Selasa (3/6) di aula MA Matholi’ul Huda Troso, Jepara. Pengukuhan ini menandai berakhirnya masa kepemimpinan Dewan Ambalan periode 2012/2013.

Pengurus baru Ambalan Setia Budi dan Fatmawati ini dikukuhkan oleh Noor Ubaidillah selaku Pembina Gugus Depan, dan disaksikan oleh ratusan anggota pramuka penegak di MA Matholi’ul Huda Troso.

Sebelum pengukuhan dilaksanakan, Pradana putra lama Noor Arif melaporkan hasil kerja yang berhasil organisasi yang dipimpinnya dalam kurun waktu setahun ini. Dalam laporannya, Arif membacakan sederet prestasi yang pernah diukir gugus depannya pada ajang kepramukaan, baik di tingkat Kabupaten Jepara maupun Provinsi Jawa Tengah.

Di level kabupaten, katanya, Gugus Depan MA MH Troso di antaranya pernah meraih gelar juara di ajang Survival ke-26 pada Juni tahun lalu. Sementara di level provinsi, MA MH Troso pernah berjaya pada ajang Gladi WIdya Cakra Adhi Birawa di Semarang.

Seusai pembacaan laporan, acara dilanjutkan dengan pengukuhan Dewan Ambalan yang ditandai dengan pengambilan janji Tri Satya yang dipandu oleh Pembina Gudep. Setelah itu, acara berlanjut dengan penandatangan berita acara serah terima jabatan.

Galeri kegiatannya, klik tautan berikut.

Pradana putri lama Imro’atul Latifah, saat memberi sambutan, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah membantunya menyelesaikan masa kerjanya dengan cukup baik.

Secara khusus dia berpesan kepada para Dewan Ambalan baru agar nantinya dapat meningkatkan tanggung jawab dan keikhlasan dalam menjalankan roda kegiatan kepramukaan di Gudep MA MH Troso.

Sementara itu, Muhammad Noor Faizin yang didaulat memberi sambutan atas nama Dewan Ambalan baru mengungkapkan, dirinya berterima kasih kepada seluruh anggota pramuka yang bersedia memberi kepercayaan kepadanya untuk menduduki pucuk pimpinan di Dewan Ambalan.

Faizin berharap kepada seluruh anggota Dewan Ambalan agar dapat berperan aktif dalam meningkatkan kinerja organisasi yang dipimpinnya tersebut. Dia mengumpamakan sebuah organisasi layaknya sebuah keadaan perang yang di dalamnya terdapat banyak ahli di bidang masing-masing.

Meski begitu, lanjutnya, seluruh komponen yang terlibat dalam peperangan harus bersatu agar dapat bekerja secara maksimal.

Untuk diketahui, acara pengukuhan dan serah terima jabatan Dewan Ambalan digelar setelah dilaksanakannya pemilu Pradana pada Rabu, 28 Mei 2014.

Dalam pemilu tersebut, Muhammad Noor Faizin terpilih sebagai Pradana putra masa bakti 2014-2015. Sedangkan kursi jabatan Pradana putri dimenangkan oleh Alya Sarah Nabiela.

Kamabigus: Terus Berbuat untuk Membantu Madrasah

Sementara itu, Kamabigus MA Matholi’ul Huda Troso Drs H Nur Kholis Syam’un memberi apresiasi kepada seluruh Dewan Ambalan lama yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk gugus depannya.

“Semoga semua yang telah diperbuat dapat menjadi amal jariyah bagi kalian semua,” ungkap Kamabigus saat memberi sambutan. “Mari terus berbuat untuk membantu madrasah, untuk memajukan madrasah,” imbuhnya.

Apresiasi tersebut menurutnya tidak berlebihan. Pasalnya, ketika zaman telah mengubah pola pikir pelajar yang lebih memilih hidup instan, masih ada beberapa siswa yang peduli memikirkan kemajuan madrasahnya.

Beliau mengatakan, siswa sengaja dilibatkan dalam berbagai kegiatan di madrasah dengan tujuan untuk mendidik siswa agar paham arti sebuah perjuangan yang dapat berimplikasi pada kehidupan akhirat.

Selain itu Kamabigus mengungkapkan, pelibatan siswa dalam kegiatan madrasah juga dimaksudkan agar mereka tidak berpikir kalkulatif. “Kita inginkan anak-anak tidak sedikit-sedikit kalkulasinya uang, sedikit-sedikit kalkulasinya materi. Tapi niatkan berbuat lillahi Taala. Nanti Allah yang akan membalasnya,” katanya. (Agus Ahmad Fadloli)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.