Masuk

MA MH Troso Gelar Invitasi Bola Basket Se-Jepara

Featured Para pemenang Invitasi Bola Basket Antar SMA/MA/SMK se-Kabupaten Jepara tahun 2014. MAMHTROSO.com Para pemenang Invitasi Bola Basket Antar SMA/MA/SMK se-Kabupaten Jepara tahun 2014.

MAMHTROSO.COM, TROSO – Mengulang kesuksesannya di tahun lalu, turnamen basket antarsekolah menengah atas bertajuk “Invitasi Bola Basket Antar MA/SMA/SMK se-Kabupaten Jepara 2014” kembali digelar. Turnamen ini digelar pada 19-24 Juni 2014 di lapangan bola basket MA Matholi’ul Huda Troso.

“Turnamen ini diadakan dengan tujuan menjadi ajang untuk mengukur kemampuan bermain bola basket di antara pelajar SMA dan sederajat yang jarang ada di Jepara,” ungkap Ketua Panitia Muhammad Iqbal Firmansyah kepada MAMHTROSO.COM via SMS, Rabu (2/7).

Dia mengatakan, turnamen kali ini diikuti oleh 6 klub basket dari MA dan SMA se-Jepara, yakni SMAN 1 Pecangaan, SMKN 1 Jepara, SMKN 3 Jepara, SMAN 1 Bangsri, SMAN 1 Donorojo, dan tuan rumah MA Matholi’ul Huda Troso.

Selain itu, lanjut dia, pertandingan invitasi yang sebelumnya bernama Turnamen Kaukus ini digelar bersamaan dengan momentum peringatan harlah ke-10 MA Matholi’ul Huda Troso.

Iqbal memaparkan, format pertandingan yang dipakai pada turnamen ini dibagi menjadi dua fase, yakni fase penyisihan grup dan fase 4 besar. Pada fase penyisihan grup, jelasnya, klub-klub kontestan dibagi menjadi 2 pool yang saling bertemu satu sama lain. Klub bola basket dari SMKN 3 Jepara, SMKN 1 Jepara, dan SMAN 1 Pecangaan tergabung di pool A, sedangkan SMAN 1 Bangsri, SMAN 1 Donorojo, dan MA Matholi’ul Huda Troso berlaga di pool B.

Dari kompetisi grup tersebut, kemudian meloloskan 2 klub dari setiap pool yang melaju ke fase 4 besar. “Fase gugur dimulai dengan pertemuan juara pool A melawan runner up pool B, serta juara pool B bertemu runner up pool A,” jelasnya.

Setelah itu, 2 klub yang berhasil menang pada pertandingan semifinal akan bertemu di babak final. Sedangkan 2 klub yang kalah akan bertanding untuk menentukan posisi ke-3 dan ke-4.

Iqbal menjelaskan, klub peraih juara pertama menerima trofi Bupati Jepara sebagai penghargaan serta uang pembinaan senilai Rp 750 ribu. Untuk peraih juara kedua berhak memboyong trofi Wakil Bupati Jepara dan uang pembinaan senilai Rp 600 ribu. Sementara klub peraih juara ketiga mendapat trofi Kepala Kankemenag Kabupaten Jepara dan uang pembinaan sebesar Rp 450 ribu. Sedangkan peraih juara keempat menerima trofi Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara dan uang pembinaan senilai Rp 300 ribu.

Dalam turnamen ini, klub bola basket SMKN 3 Jepara berhasil menjuarai turnamen invitasi 2014 setelah berhasil mengalahkan klub SMAN 1 Pecangaan di partai final dengan skor 33-22.

Sementara itu, klub tuan rumah MA Matholi’ul Huda Troso tak bisa tampil moncer seperti pada turnamen tahun lalu. Klub asuhan Aris Kurniawan ini hanya mampu bercokol di peringkat ketiga setelah mengalahkan SMAN 1 Bangsri dengan skor 19-17. (Agus Ahmad Fadloli)

Berikut hasil lengkap Invitasi Bola Basket Antar MA/SMA/SMK se-Kabupaten Jepara 2014.

Terakhir diperbarui pada Kamis, 03 Juli 2014 11:41

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.