Masuk

Osis Galang Zakat Fitrah Dari Siswa

Featured Panitia tengah menghitung hasil penerimaan zakat fitrah. MAMHTROSO.com Panitia tengah menghitung hasil penerimaan zakat fitrah.

MAMHTROSO.COM, TROSO – Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) MA Matholi’ul Huda Troso membentuk panitia penggalangan zakat fitrah. Badan ini dibentuk untuk menghimpun zakat fitrah dari siswa-siswi di madrasah tersebut.

Kegiatan penerimaan zakat fitrah seperti ini telah menjadi agenda rutin Osis setiap tahun.

Ketua Osis MA MH Troso Achmad Fachrudin mengungkapkan, pengumpulan zakat fitrah dilaksanakan di setiap ruang kelas dengan melibatkan seluruh pengurus Osis. “Setiap kelas ada 2 sampai 3 koordinator yang bertugas mendata serta mengumpulkan zakat dari siswa,” ungkap dia, Sabtu (19/7) siang. Waktu pembayaran zakat lanjutnya, berlangsung setelah proses belajar mengajar (PBM).

Fachrudin menjelaskan, zakat fitrah dapat berupa beras seberat 2,5 kilogram per orang. Selain dalam bentuk beras, panitia juga menerima zakat fitrah dalam bentuk uang senilai Rp 23 ribu per siswa. “Uang yang terkumpul selanjutnya akan diwujudkan menjadi paket-paket beras,” jelasnya.

Dia memaparkan, hingga Sabtu ini, sudah ada sebanyak 324 siswa yang telah menyerahkan zakatnya kepada panitia. Hasilnya berupa 16 paket beras serta uang senilai Rp 7,084 juta. “Alhamdulillah, kami sudah mendapatkan 324 siswa atau sekitar 57 persen dari jumlah keseluruhan siswa di MA MH Troso. Target kita bisa mencapai 80 persen siswa yang berzakat,” ungkap Fachrudin.

Masih menurut Fachrudin, penerimaan zakat fitrah ini sendiri sudah berlangsung sejak Senin (14/7) lalu, dan rencananya akan ditutup siang ini (20/7) jika target 80 persen terpenuhi. “Jika misalnya belum (mencapai target), kami akan membuka hingga hari Kamis (24/7),” jelasnya.

Fachrudin menambahkan, pembagian hasil zakat fitrah dilaksanakan sehari setelah panitia menutup penggalangan zakat. Sasaran penerima zakat itu ungkapnya, diutamakan para fakir miskin yang tinggal di Desa Troso dan desa-desa sekitarnya. Pihaknya akan berkomunikasi dengan panitia penghimpunan zakat fitrah MTs Matholi’ul Huda Troso untuk membahas daerah penyaluran hasil zakat. Pihaknya juga akan bekerjasama dengan ketua RT maupun ketua RW desa setempat terkait dengan pendataan warga yang berhak menerima zakat.

“Penyaluran zakat fitrah akan berlangsung sehari penuh, dan akan diakhiri dengan buka bersama,” imbuh Fachrudin.

Meski demikian Fachrudin mengakui, tidak semua warga fakir dan miskin akan dapat dilayani. Hal itu karena keterbatasan zakat fitrah yang terkumpul di panitia. Dia menyebutkan, badan amil zakat MTs dan MA MH tahun ini diperkirakan akan menyalurkan sekitar 1.000 paket atau sekitar 2.500 kilogram beras ke sejumlah wilayah. “Sebagian hasil zakat disalurkan di Troso, sebagian lagi dibagi-bagi di Ngeling, Sowan Lor, Sowan Kidul, Pecangaan Kulon, Pecangaan Wetan, Dongos, Pulodarat, Lebuawu, Gemulung, dan desa-desa sekitarnya,” jelasnya.

Terkait Zakat, Madrasah Janjikan Libur Lebih Awal

Sementara itu, unsur pimpinan MTs dan MA MH Troso mengimbau agar siswa membayarkan zakat fitrahnya melalui badan amil zakat yang dibentuk Osis. Bahkan, pihak madrasah menjanjikan bakal meliburkan PBM lebih awal bila ada setidaknya 80 persen siswa membayar zakat lewat panitia.

“Kami tidak mematok sampai 100 persen. Jika ada 80 persen saja yang sudah zakat, maka kami pastikan hari Senin (21/7) sudah libur,” kata Kepala MA MH Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un, beberapa waktu lalu.

Meski tidak bersifat wajib, namun beliau mengharapkan kesadaran siswa membayar zakat melalui Osis. “Kami mengharapkan anak-anak turut berperan dalam berzakat di madrasah. Kami berharap aksi ini bisa menjadi wujud kepedulian anak-anak mendukung program madrasah,” harapnya.

Beliau menegaskan, seluruh hasil zakat fitrah yang terkumpul akan diserahkan kembali kepada warga yang berhak menerima zakat. “Tidak ada sepeser pun yang akan digunakan oleh anak-anak. Untuk biaya penyaluran maupun untuk buka bersama, seluruhnya dibiayai dari kas Osis,” tandasnya. (Agus Ahmad Fadloli)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.