Masuk

Badan Amil Zakat MTs-MA MH Troso Salurkan Zakat Fitrah

Featured Anggota BAZ MA MH Troso membungkus beras zakat. MAMHTROSO.com Anggota BAZ MA MH Troso membungkus beras zakat.

MAMHTROSO.COM, TROSO – Badan Amil Zakat (BAZ) MTs-MA Matholi’ul Huda Troso menyalurkan 3,3 ton lebih beras zakat fitrah yang dihimpun dari para siswa di madrasah tersebut, pagi tadi (24/7). Zakat didistribusikan kepada masyarakat kurang mampu di Desa Troso dan sekitarnya dalam bentuk 1.333 paket beras.

Sebelumnya, BAZ melakukan penghimpunan zakat fitrah dari siswa, berupa uang Rp 23 ribu atau beras 2,5 kilogram per kepala. Pengumpulan zakat ini dimulai sejak Selasa (15/7), dan berakhir Ahad (20/7) lalu.

Ketua BAZ MA MH Troso, Muhammad Noor Faizin, kepada MAMHTROSO.COM mengatakan, penyaluran zakat fitrah dilaksanakan oleh seluruh pengurus Osis dengan melibatkan Ketua RT atau RW setempat. “Kami membentuk 23 titik pembagian zakat. Beras ada yang langsung kami bagi kepada warga, ada juga yang kami serahkan pembagiannya kepada ketua RT,” ungkapnya.

Faizin menuturkan, jumlah siswa yang membayarkan zakat melalui BAZ madrasah tahun ini mencapai 514 siswa, atau setara dengan 91,3 persen dari keseluruhan siswa di MA MH Troso. “Alhamdulillah, tahun ini kita bisa melebihi target penerimaan zakat fitrah. Kita mencapai 91,3 persen dari 80 persen yang diharapkan,” papar dia.

Sebagian besar siswa, lanjutnya, memilih membayar zakat menggunakan uang tunai ketimbang memakai beras karena alasan kepraktisan. “Yang bayar zakat pakai uang ada sebanyak 469 anak, sedangkan yang menggunakan beras ada 45 anak,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator BAZ MTs MH Troso, Muthik Hanim Mufallahah menjelaskan, penerimaan zakat fitrah dari murid MTs tahun ini mencapai 648 siswa, terdiri dari zakat beras sebanyak 51 siswa dan zakat uang tunai sebanyak 597 siswa. “Seluruh uang yang terkumpul kita belikan beras,” jelasnya.

Muthik memaparkan, selain disalurkan kepada perorangan, sebagian hasil zakat tahun ini juga didistribusikan ke lembaga sosial. “Kita menyalurkan 50 paket ke Panti Asuhan Al-Ma’un di Desa Sowanlor,” ungkapnya.

Pantauan MAMHTROSO.COM, penyaluran zakat fitrah kali ini dimulai pagi, sekitar pukul 08.00 WIB dan berakhir siang, sekitar pukul 12.00 WIB. Pendistribusian zakat dilakukan dengan menggunakan sejumlah kendaraan bermotor.

Galeri kegiatannya, klik tautan ini.

Setelah penyaluran zakat selesai, BAZ masih mempunyai agenda Khatmul Quran dan buka bersama yang digelar sore ini. Selain mengundang seluruh pengurus yang terlibat dalam pembagian zakat, kegiatan tersebut juga turut mengundang sejumlah dewan guru. (Agus Ahmad Fadloli)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 24 Juli 2014 18:37

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.