Masuk

Tahun Ajaran 2014 MA MH Troso Tak Naikkan SPP

Featured Suasana Morning Briefing. MAMHTROSO.com Suasana Morning Briefing.

MAMHTROSO.COM, TROSO – Pada tahun ajaran 2014/2015 ini, MA Matholi’ul Huda Troso tidak menaikkan biaya sumbangan pembinaan pendidikan atau SPP untuk para siswanya. Seperti tahun lalu, SPP yang dibebankan per siswa tiap bulannya sebesar Rp 30 ribu.

Meskipun tengah gencar meningkatkan kualitas sarana dan prasarananya, MA MH Troso tetap berkomitmen memberikan layanan pendidikan yang terjangkau bagi masyarakat. Salah satunya dengan cara memangkas nilai nominal pembayaran SPP dari siswa. Selain itu, madrasah ini juga memberikan berbagai subsidi.

“Telah diputuskan melalui rapat yayasan, bahwa SPP untuk tingkat MA tahun ini sama seperti SPP tahun lalu, yaitu sebesar Rp 30 ribu,” ugkap Kepala MA MH Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un saat mengisi acara Morning Briefing di halaman madrasah, Selasa (19/8) lalu.

Menurut Kepala Madrasah, bantuan dari pemerintah berupa Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk tahun anggaran 2013 dapat cair tahun ini menjadi salah satu pertimbangan mengapa MA MH Troso tidak menaikkan SPP. Lewat bantuan itu ungkapnya, pihak madrasah dapat memberikan subsidi pada sebagian besar pembayaran siswa.

Beliau menerangkan, uang SPP tersebut sedianya digunakan untuk sirkulasi yayasan, termasuk untuk menggaji guru dan karyawan. Sedangkan untuk pembangunan sarana dan prasarana lanjutnya, pihak madrasah membiayainya dari dana pinjaman maupun sumbangan.

Sementara itu berdasarkan surat pemberitahuan yang dirilis MA MH Troso dengan nomor MA.MH/034/PP.03.1/005/2014, ada 2 jenis subsidi pembayaran yang diberikan kepada siswa, yakni subsidi sebagian dan subsidi penuh. Untuk subsidi sebagian dialokasikan untuk SPP yang semula sebesar Rp 120 ribu menjadi Rp 30 ribu. Adapun subsidi penuh diberikan untuk pembayaran selain SPP yang meliputi iuran Osis sebesar Rp 240 ribu per tahun, pramuka Rp 120 ribu per tahun, komputer Rp 240 ribu per tahun, Pekan Ulangan Bersama Rp 90 ribu tiap semester, Ulangan Akhir Semester Gasal dan Genap masing-masing Rp 90 ribu per semester, pembelian buku LKS Rp 60 ribu tiap semester, serta biaya pengadaan kain batik bagi siswa kelas X sebesar Rp 60 ribu.

Dalam surat itu juga disebutkan, uang daftar ulang sebesar Rp 50 ribu yang telah dibayarkan siswa pada awal tahun ajaran baru dialokasikan untuk pembayaran SPP bulan Juli, iuran biaya dekorasi ruang kelas, serta pengadaan buku Kutaib.

Siswa Menyambut Baik

Kebijakan madrasah terkait SPP tahun ini disambut baik oleh sejumlah pihak, termasuk siswa MA MH Troso. Saat MAMHTROSO.COM melakukan korespondensi dengan sejumlah siswa, sebagian besar dari mereka menyatakan setuju dengan kebijakan tersebut.

"Biaya sekolah di sini (MA MH Troso) menurut saya sangat terjangkau bila dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain," ungkap Ahmad Aukhia Ulummudin.

Dia beralasan, pungutan wajib yang rutin dia bayarkan setiap bulan hanya sebesar Rp 30 ribu. "Selain itu tidak ada lagi pembayaran-pembayaran lain seperti uang gedung dan sebagainya tidak ada di sini, kecuali sumbangan sukarela yang kita lakukan setiap 2 kali seminggu di madrasah," jelas siswa kelas XI IPA-2 itu. "Tidak terlalu berat sehingga saya bisa membayar SPP sendiri tanpa harus meminta orang tua," imbuh dia.

Nur Aliviea berpendapat serupa. "Di Troso tidak ada istilah SPP mahal, pokoknya. Meski begitu, kita tetap mendapatkan pelayanan yang bagus. Dan yang terpenting, fasilitas yang ada di Troso tidak kalah dengan yang bayarnya ratusan hingga jutaan rupiah," ujar siswi kelas XI IPS-2 itu.

Dia juga mengaku tidak keberatan dengan adanya program Gerakan Peduli Madrasah untuk membantu pengembangan sarana dan prasarana di madrasahya tersebut. (Agus Ahmad Fadloli)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 21 Agustus 2014 16:53

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.