Masuk

Gudep MA MH Troso Gelar Penerimaan Tamu Ambalan, Inilah Acaranya

Featured Suasana upacara pembukaan Penerimaan Tamu Ambalan tahun 2014. MAMHTROSO.com Suasana upacara pembukaan Penerimaan Tamu Ambalan tahun 2014.

MAMHTROSO.COM, TROSO – Gugus Depan MA Matholi’ul Huda Troso, pada Jumat pagi (12/9), menggelar kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). Kegiatan tersebut diikuti hampir 200 calon pramuka penegak, serta berlangsung hingga sore hari.

PTA merupakan agenda tahunan yang rutin digulir Gudep MA MH Troso sebagai seremoni penyambutan para tamu penegak yang tidak lain adalah siswa kelas X. Kegiatan tersebut wajib diikuti seluruh tamu penegak sebelum mereka dikukuhkan menjadi anggota Ambalan. Selain itu, PTA juga menjadi ajang pengenalan pramuka penegak kepada calon anggota baru.

Meski hanya berlangsung sehari, kegiatan yang digelar di desa Troso dan sekitarnya itu terbilang cukup meriah. PTA 2014 diisi dengan berbagai aneka permainan dan outbound, seperti adu tiup balon, tebak kata, adu yel, halang rintang, hingga susur sungai.

Pradana Dewan Ambalan putri Alya Sarah Nabiela, kepada MAMHTROSO.COM, mengungkapkan kegiatan PTA 2014 dikemas dalam bentuk permainan serta outbound untuk memberi kesan pramuka yang menyenangkan. Selain itu, para calon pramuka penegak tersebut nantinya semakin bersemangat dalam mengikuti kegiatan kepramukaan di ambalannya.

“Bentuk kegiatannya tidak jauh beda dengan format tahun lalu, yaitu berupa permainan dan outbound. Tujuannya untuk menghilangkan kesan pramuka yang hanya mempelajari bari-berbaris atau tali-temali saja,” ungkap Alya.

Alya mengungkapkan, sebagian permainan dalam PTA 2014 dilaksanakan di perjalanan yang tempatkan di pos-pos tertentu. Setiap sangga diwajibkan mengikuti menempuh etape perjalanan hingga selesai. Selain itu, panitia juga mengadakan kompetisi antarsangga.

Jalannya Kegiatan

Kegiatan PTA 2014 dimulai Jumat (12/9) pagi. Seluruh peserta tampak mengenakan busana cokelat khas pramuka beserta seluruh atributnya. Peserta tampak membawa sejumlah perlengkapan seperti tongkat pramuka dan nama identitas berwarna hitam. Selain itu, mereka juga tampak menggendong ransel hitam berisi bekal makanan dan kebutuhan lain.

Sebelum kegiatan dimulai, Dewan Ambalan yang bertindak sebagai panitia melakukan pengecekan perlengkapan yang dibawa peserta.

Seusai upacara pembukaan, para peserta yang terbagi menjadi sekitar 10 sangga putra dan 10 sangga putri langsung menjalani serangkaian kegiatan. Setiap sangga diwajibkan menampilkan sebuah yel penyemangat sebelum mereka dapat memulai perjalanan. Satu per satu menampilkan kreasi yel terbaiknya.

Setelah menempuh perjalanan sejauh beberapa kilometer, para peserta sampai di pos kedua. Di pos ini, setiap sangga menerima tantangan berupa meniup balon hingga pecah.

Setelah menempuh beberapa kilometer perjalanan, para peserta sampai di pos kedua. Di pos tersebut, setiap sangga beradu cepat dalam meniup balon hingga pecah. Setelah itu, mereka kembali ditantang dengan adu cepat makan kerupuk. Meski terdengar mudah, namun tantangan ini ternyata cukup merepotkan lantaran peserta hanya diperbolehkan manghabiskan makanan tanpa menyentuhnya dengan tangan.

Di pos ketiga, kegiatan dilanjutkan di lapangan sepakbola desa Troso. Kegiatan dilanjutkan dengan permainan estafet kata. Setiap anggota dalam satu sangga berdiri di tempat yang telah ditentukan Dewan Ambalan. Kemudian, panitia memberikan satu kalimat kepada salah satu satu peserta yang selanjutnya dilanjutkan ke teman-temannya.

Menjelang salat Jumat, setiap sangga kembali beradu menyanyikan yel-yel penyemangat.

Seusai melaksanakan salat Jumat, perjalanan dilanjukan ke pos terakhir. Dalam pos ini, ada berbagai wahana permainan dan outbound, diawali dengan susur sungai yang kemudian dilanjutkan dengan halang rintang yang meliputi merayap tanah, meniti tambang, dan meniti tongkat, dan banyak lagi.

Kegiatan PTA 2014 dipungkasi dengan upacara penerimaan tamu ambalan, ditandai dengan penyematan badge Ambalan Setiabudi dan Fatmawati secara simbolis kepada perwakilan peserta.

Selain itu, Dewan Ambalan juga memberikan hadiah kepada sejumlah sangga yang berhasil mengumpulkan poin tertertinggi selama kegiatan.

Untuk galeri kegiatannya, klik tautan ini. (Agus Ahmad Fadloli)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 13 September 2014 09:28

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.