Logo
Cetak halaman ini

Gudep MTs MH Troso Gelar Orientasi Pramuka Penggalang

Featured Peserta OPP 2014 mengikuti permainan tebak kata. MAMHTROSO.COM Peserta OPP 2014 mengikuti permainan tebak kata.

MAMHTROSO.COM, Troso – Gugus Depan MTs Matholi’ul Huda Troso menggelar kegiatan kepramukaan bertajuk Orientasi Pramuka Penggalang (OPP). Kegiatan itu diikuti oleh sedikitnya 240 anggota pramuka Penggalang tingkat Ramu yang baru bergabung dengan Gudep tersebut.

Kegiatan yang berlangsung mulai Jumat (26/9) pagi hingga sore itu berlangsung semarak dengan beragam permainan dan uji ketangkasan dalam format pengembaraan. Kegiatan ini berlangsung kampus MTs-MA MH Troso dan sekitarnya.

Selain melibatkan Dewan Penggalang Gudep MTs MH Troso, pada OPP 2014 juga menggandeng sejumlah anggota Dewan Ambalan Penegak MA MH Troso sebagai panitia pelaksana kegiatan tersebut.

Berdasarkan pantauan MAMHTROSO.COM, OPP 2014 sudah dimulai sekitar pukul 06.00 WIB. Seluruh peserta melakukan checking perlengkapan, mulai dari perlengkapan pribadi hingga per regu.

Perjalanan baru dimulai seusai upacara pembukaan. Sebelum memulainya, setiap regu diwajibkan melewati pos pertama. Di pos tersebut, peserta ditugasi menyusun potongan-potongan gambar hingga menjadi sebuah gambar utuh. Dalam penyusunannya, setiap regu harus mencari potongan gambar sesuai dari regu lain dengan cara menukarnya. Regu yang berhasil merampungkan puzzle paling cepat diberi kesempatan melanjutkan perjalanan lebih awal.

Perjalanan peserta OPP 2014 terhenti sejenak di pos kedua untuk menyelesaikan sejumlah tantangan dari panitia, mulai doa-doa harian hingga menyanyikan yel penyemangat.

Menjelang tengah hari, perjalanan peserta OPP 2014 sampai pada pos permainan. Pada pos tersebut, ada 2 jenis permainan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta, berupa permainan ular berantai dan tebak gaya.

Setelah istirahat shalat Jumat, OPP 2014 dilanjutkan dengan outbound. Keseruan terlihat ketika seluruh peserta yang sebelumnya telah berganti pakaian kasual mulai menyebrangi sungai. Setelah itu, mereka harus memanjat tebing dengan bantuan seutas tali.

Sesampainya di atas tanggul, para peserta disambut dengan berbagai wahana outbound, seperti merayapi tanah atau melewati jembatan bambu. Medan yang berlumpur membuat para peserta belepotan setelah melewati seluruh wahana.

Rangkaian kegiatan OPP 2014 dipungkasi dengan upacara penutupan. Dalam upacara itu, Pembina Gudep Mustain berkesempatan melepas tanda keikutsertaan kegiatan secara simbolis dari perwakilan peserta. Selain itu, panitia juga memberikan penghargaan kepada beberapa regu tergiat.

Galeri kegiatannya, klik tautan ini. (Agus Ahmad Fadloli)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 27 September 2014 23:16
Hakcipta © 2015 MA Matholi'ul Huda Troso.