Masuk

Kelas “Java Animation” Juara Pertama Lomba Dekorasi Kelas 2014

Featured Ketua Kelas XII IPS-2 Agus Santoso (kanan) menerima hadiah juara pertama lomba dekorasi kelas tahun 2014. Agus Ahmad Fadloli Ketua Kelas XII IPS-2 Agus Santoso (kanan) menerima hadiah juara pertama lomba dekorasi kelas tahun 2014.

MAMHTROSO.COM, TROSO – Kelas XII IPS-2 akhirnya didaulat menjadi juara pertama pada ajang kontes dekorasi kelas yang diselenggarakan MA Matholi’ul Huda Troso tahun 2014. Kelas ini sukses menduduki peringkat pertama lewat karya dekorasi bertema “Java Animation”.

Kelas tersebut meraih juara pertama setelah berhasil mengumpulkan 8.508 poin dari penilaian dewan dewan juri, disusul kelas XII IPA-1 yang menempati urutan kedua dengan perolehan 6.374 poin, diikuti kelas XI IPA-2 dengann 6.354 poin, serta kelas XII IPA-2 dengan raihan 6.246 poin.

Keberhasilan kelas XII IPS-2 semakin mengukuhkan dominasi kelas XII pada ajang tahunan ini. Pada lomba dekorasi tahun lalu, juara pertama dimenangkan oleh kelas XII IPA-1 yang mengusung tema “Battleship”, sedangkan pada penyelenggaraan tahun 2012, kelas XII IPA-1 juga keluar sebagai juara pertama lewat dekorasi berjudul Kingdom of Birds”. Kelas XII juga berjaya pada lomba di tahun 2011 lewat karya bertema “Kelasku adalah Rumahku”.

Sesuai tema yang diusung, riasan yang ada di kelas XII IPS-2 memang dipenuhi dengan karakter kartun berpakaian khas Jawa. Daya tarik utama dari kelas ini adalah kartun dua dimensi bergambar sekelompok pemusik gamelan yang berkuran besar di sisi belakang. Sejumlah kartun berbusana khas Jawa yang lain juga digambar di hampir setiap sisi tembok kelas. Perpaduan gambar kartun imut dan latar serba hijau membuat sejumlah dewan juri memberi nilai tinggi pada kelas ini.

Tema riasan kelas XII IPA-1 juga tak kalah menarik. Dengan mengusung tema “Dawn of Dinosaur”, kelas ini mencoba berkreasi dengan hiasan berbagai macam hewan zaman Jurassic. Objek andalan dari kelas ini adalah karakter tyrannosaurus berwajah garang yang dibuat dengan teknik tiga dimensi. Di sisi kanan-kiri hewan predator purba itu ditambahi karakter anakan T-Rex yang baru menetas. Nuansa yang tergambar di kelas ini adalah suasana di dalam gua purba.

Tema wahana permainan diusung kelas XI IPA-2. Sejumlah miniatur wahana permainan tiga dimensi dipajang di hampir setiap sisi kelas, mulai dari bianglala hingga roller coaster. Tak hanya itu, sebuah wahana rumah hantu juga digambarkan cukup apik di sisi kanan kelas itu. Nuansa gelap night scene dengan ornamen gugusan bintang membuat kelas ini terlihat unik sehingga mengantarkannya menduduki juara ketiga.

Pada peringkat keempat ada kelas XII IPA-2 yang mengambil konsep “Around the World”. Berbagai miniatur bangunan di sejumlah negara dipajang di bagian belakang kelas, mulai tugu monas, menara Eiffel, piramida Giza, menara Big Ben, hingga menara kembar Petronas. Kelas ini bernuansa biru muda.

Sementara itu, Waka Kesiswaan MA MH Troso Noor Ubaidillah mengungkapkan, Tingkat kreatifitas yang dituangkan siswa pada lomba dekorasi kelas tahun ini sangat beragam dan memiliki ciri khas masing-masing. Sehingga hal itu sempat membuat para dewan juri dalam memberi penilaian. “Kalau boleh dibilang semuanya hebat dan menarik sehingga membuat para dewan juri kerepotan dalam menentukan juaranya,” ungkapnya sebelum pengumuman juara di halaman madrasah, Senin (20/10).

Beliau mengungkapkan, ada empat kriteria utama yang menjadi dasar penentuan juara. “Ada banyak kriteria yang dinilai, namun secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi empat kategori, yaitu ada meliputi kesesuaian tema, kreativitas, keaslian karya, dan kebersihan selama penilaian,” ungkapnya.

Beliau mengatakan, meski para dewan juri telah menetapkan peringkat juara, namun pihak madrasah menganggap seluruh kontestan lomba dekorasi tahun ini layak menjadi juara. “Jangan ada anggapan bahwa kelas yang juara itu yang lebih baik. Semuanya karya yang telah dihasilkan kami apresiasi setinggi-tingginya dan layak menjadi juara,” paparnya.

Sebagai bentuk apresiasi tersebut, ungkapnya, pihak madrasah pun memberi hadiah kepada ke-16 kontestan yang berpartisipasi pada lomba tahun ini. “Semuanya kami beri hadiah sebagai bentuk penghargaan. Tetapi tentunya hadiah yang kami berikan bersifat proporsional, berdasarkan peringkat yang telah ditetapkan dewan juri,” jelasnya.

Juara pertama, lanjutnya, menerima hadiah uang tunai sebesar Rp 1 juta, juara kedua Rp 900 ribu, juara ketiga Rp 800 ribu. Adapun pulai peringkat keempat hingga ke-16, pihak madrasah juga memberi hadiah hiburan, mulai Rp 500 ribu untuk juara keempat, dan terus turun hingga Rp 100 untuk juara terakhir. (Agus Ahmad Fadloli)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.