Masuk

Upacara Bendera, Ismail: Menggapai Ilmu yang Bermanfaat

Featured Upacara Bendera, Ismail: Menggapai Ilmu yang Bermanfaat

MAMHTROSO.COM, TROSO – MTs-MA Matholi’ul Huda Troso menggelar upacara pengibaran bendera, Sabtu (15/11/2014) pagi ini. Bertindak sebagai pembina upacara, Waka Humas MA MH Troso Ismail. Dalam amanatnya, beliau berbicara tentang bagaimana cara menggapai ilmu yang bermanfaat.

Ismail mengungkapkan, ada beberapa cara yang bisa diupayakan oleh seorang pelajar agar bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Salah satunya dengan ikhlas selama menuntut ilmu. Ikhlas, ungkapnya, dapat bermakna luas. “Siswa yang tidak membuat kegaduhan atau mengganggu selama proses belajar mengajar berlangsung juga dapat dikatakan ikhlas,” ucapnya di depan ribuan peserta upacara.

Selain dengan ikhlas, ilmu yang bermanfaat juga dapat diperoleh dengan cara menjaga adab dan tata krama kepada guru. “Patuh dan tidak membuat guru sakit hati juga bisa menjadi lantaran ilmu menjadi bermanfaat,” lanjutnya.

Hal ketiga, ungkapnya, adalah dengan cara bersungguh dalam belajar. Setiap ilmu yang dipelajari haruslah dipahami dengan baik. Siswa juga dituntut menelaah setiap ilmu yang telah didapatkannya. “Siswa harus bersungguh-sungguh dalam belajar. Soal paham atau tidak paham, itu bukan urusan guru, melainkan urusan Allah langsung. Dengan bersungguh-sungguh siapa tahu menjadi lantaran seseorang mendapatkan pemahaman dari Allah dalam waktu yang singkat,” terangnay.

Yang terakhir, imbuhnya, adalah dengan bertakwa kepada Allah serta mengikuti rambu-rambu-Nya lewat al-Quran dan al-Hadit. (Agus Ahmad Fadloli)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.