Masuk

Serunya Peringatan Hari Guru Nasional 2014 di MTs-MA MH Troso

Featured Siswa kelas XI IPS-2 memberikan bingkisan kepada wali kelasnya. Agus Ahmad Fadloli Siswa kelas XI IPS-2 memberikan bingkisan kepada wali kelasnya.

MAMHTROSO.COM, TROSO – MTs-MA Matholi’ul Huda Troso menggelar peringatan Hari Guru Nasional ke-69 tahun 2014 dengan acara yang unik dan seru. Acara tersebut berlangsung di halaman kampus madrasah dan digelar selama dua hari berturut-turut, yakni pada Selasa (25/11/2014) dan Rabu (26/11/2014).

Beragam acara mewarnai peringatan tersebut, mulai dari aksi spontanitas guru dan siswa, hingga pemberian hadiah dari siswa kepada para dewan guru.

Konsep acara ini terbilang unik karena diadakan secara mendadak. Seluruh civitas akademika hampir tidak ada yang tahu kalau peringatan tersebut akan digelar di madrasah. Maklum saja, kedua lembaga itu sebelumnya memang belum pernah mengadakan peringatan hari guru secara khusus.

Seperti biasanya, pihak madrasah mengumpulkan seluruh civitas akedemika di halaman madrasah, Selasa (25/11/2014). Banyak yang mengira acara itu hanyalah sebatas Morning Briefing biasa yang memang kerap diadakan pada waktu tertentu.

Kejutan mulai terlihat ketika Kepala MA Matholi’ul Huda Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un memanggil sejumlah dewan guru maju ke depan kerumunan siswa.

“Hari ini adalah hari istimewa untuk seluruh guru di Indonesia. Untuk pertama kalinya, hari ini kita akan memperingati Hari Guru Nasional di madrasah ini,” ungkapnya disambut sorakan riuh para siswa.

Beliau lantas memberikan tugas nyeleneh kepada beberapa guru, seperti menyanyi dan berjoget secara spontan. Aksi tersebut tentu saja mengundang tawa dari para penonton.

Guru pertama yang “dikerjai” adalah Ismail. Guru mata pelajaran Nasyid tersebut didaulat menyanyikan lagu Wahdana diiringi gerakan tarian.

Guru berikutnya yang mendapatkan tugas spontanitas adalah Mahaj Khoirunnas. Sama seperti sebelumnya, dia didapuk menyanyikan lagu sambil menari, namun dalam genre musik dangdut. Tak ketinggalan pula sejumlah unsur pimpinan MTs MH Troso juga turut unjuk gigi dengan berjoget.

Selain guru laki-laki, beberapa guru perempuan juga turut kebagian “pentas”. Mereka tampil dengan menyanyikan lagu “Kemesraan”, dan tentu saja, sambil menari.

Tidak hanya guru muda yang tampil. Beberapa guru yang lebih sepuh kebagian juga tugas, mulai dari mengisi tausiyah, hingga memimpin doa bersama.

Selain dimeriahkan oleh para dewan guru, acara peringatan Hari Guru Nasional 2014 juga menampilkan aksi spontanitas dari siswa, seperti penyampaian pesan dan kesan untuk guru, hingga deklamasi puisi.

Galeri kegiatannya, klik tautan ini.

Hari Kedua, Pemberian Hadiah Kepada Para Guru

Acara peringatan Hari Guru Nasional 2014 di kampus MTs-MA MH Troso di hari pertama berakhir sekitar pukul 09.30 WIB. Khusus hari itu, kegiatan belajar ditiadakan dan diganti dengan kegiatan outbound kepramukaan.

Pada hari berikutnya, Rabu (27/11/2014), acara peringatan hari guru kembali berlanjut. Kali ini, agenda utamanya adalah pemberian hadiah secara simbolis dari siswa kepada guru.

Galeri kegiatannya, klik tautan ini.

Setiap kelas memberikan sedikitnya satu macam bingkisan yang diberikan kepada para wali kelas mereka. Adapun isi bingkisan bermacam-macam, mulai dari makanan, pakaian, hingga cindera mata.

Selain agenda pemberian hadiah, beberapa siswa MTs MH Troso juga menampilkan atraksi yang dipersembahkan untuk guru dan kawan mereka. Nurul Khaq Mansyur Shofi unjuk gigi menari break dance, dan Nala Kamilatal Fitri membacakan puisi karangannya sendiri. Aksi keduanya sempat mengundang kekaguman tersendiri dari para penonton. (Agus Ahmad Fadloli)

Media

Terakhir diperbarui pada Kamis, 27 November 2014 18:45

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.