Masuk

Kemeriahan Acara Nada dan Dakwah 2014

Featured Eka Lutfi Nur Afifah. Agus Ahmad Fadloli Eka Lutfi Nur Afifah.

MAMHTROSO.com – Osis MA Matholi’ul Huda Troso kembali menggelar acara bertajuk “Nada dan Dakwah”. Acara ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan pekan olahraga dan seni Class Meeting Semester Gasal 2014.

Sesuai namanya, acara ini memadukan lomba ceramah alias dakwah serta konser musik dangdut religi dalam satu panggung. Lomba ceramah diikuti oleh 16 kontestan perwakilan kelas, sementara konser musik diisi dengan penampilan grup musik dangdut lokal Maherta. Acara semacam ini sudah beberapa kali digelar setiap kali pelaksanaan Class Meeting Semester Gasal.

Bertempat di halaman kampus MTs-MA Matholi’ul Huda Troso, Senin (22/12/2014), para peserta lomba satu per satu berceramah di atas pentas dengan tema keagamaan. Tema tersebut disesuaikan dengan sejumlah judul lagu karya Rhoma Irama. Setiap peserta diberi waktu paling lama 7 menit untuk menyampaikan pidatonya. Seperti tahun sebelumnya, sebagian besar peserta lomba dakwah kali ini masih didominasi oleh kontestan perempuan.

Seusai penampilan peserta, giliran grup musik Maherta beraksi. Grup pimpinan Hermansyah itu memainkan nomor lagu milik grup musik Soneta sesuai dengan topik ceramah. Herman dan kawan-kawan sesekali membawakan lagu tambahan, masih dari koleksinya Soneta.

Anis Nuraida dan Maherta.

Berbeda dari pentas tahun sebelumnya, acara Nada dan Dakwah tahun ini terkesan lebih semarak dengan kehadiran artis dangdut lokal, Anis Nuraida. Diiringi Maherta, Anis membawakan sejumlah tembang Rhoma Irama seperti “Lidah”, “Rupiah”, “Jaga Diri”, “Patah Hati”, dan “Insyaallah”.

Panggung Nada dan Dakwah 2014 juga semakin meriah dengan kehadiran flutist MTs Matholi’ul Huda Troso, Yusuf Sigit Fauzan yang ikut unjuk gigi di salah satu tembang.

Selain itu, perhelatan acara ini juga diisi dengan penampilan grup musik rebana MA Matholi’ul Huda Troso. Keloompok ini membawakan dua tembang, yakni “Assalamu alaik” milik Maher Zain serta tembang Jawa “Padhang Bulan”.

Simak galeri kegiatannya di sini.

Pada sesi kontes, Eka Lutfi Nur Afifah berhasil meraih juara pertama lewat ceramahnya yang bertopik “Boleh Saja”. Kontestan asal kelas XI IPS-1 itu tampil memukau dengan kombinasi gaya orasi yang lugas serta pelantunan ayat suci Al-Quran yang mendayu-dayu.

Dalam balutan busana hijau dan tudung krem Eka mengatakan, seseorang boleh saja mencintai kehidupan dunia namun harus tetap mengimbanginya dengan kecintaan terhadap kehidupan akhirat sebab pada saatnya nanti manusia pasti akan menemui, yang lebih kekal, yaitu akhirat.

Dia mencontohkan kehidupan dunia yang sementara dengan siklus matahari. “Lihatlah matahari yang biasa menerangi alam semesta ini. Sepanas-panasnya dan seterang-terangnya matahari itu, saat waktunya tiba, dia akan menghilang dan kembali ke peraduannya,” ungkap Eka.

Seusai menyudahi ceramahnya, Eka menyanyikan lagu “Boleh Saja” dengan iringan musik Maherta.

Novia Salafiyah

Sementara itu, juara kedua diraih oleh Novia Salafiyah. Siswi perutusan dari kelas XI IPA-1 itu tampil apik membawakan ceramah berjudul “Nafsu Serakah”.

Berceramah berdurasi 5 menit, Novia mengungkapkan bahwa akibat menuruti nafsu, manusia bisa berbuat kezaliman terhadap sesama manusia. “Yang kuat menindas yang lemah, yang kaya menindas yang miskin. Hidupnya menghalalkan segala cara, yang haram bisa jadi halal,” ungkap dia.

Novia mengingatkan warga madrasah agar dapat menjaga diri dari keserakahan dengan cara hidup sederhana, dan senantiasa memohon petunjuk kepada Allah.

Evi Dian Ariyanti.

Untuk posisi ketiga ditempati kontestan asal kelas XII IPS-2, Evi Dian Ariyanti lewat ceramah bertopik “Sahabat”.

Evi mengungkapkan bahwa Islam menganjurkan seseorang mencari sahabat yang dapat menuntunnya menuju kesalehan. Dia juga mengutip hadis Nabi Muhammad yang berisi ajakan mencari sahabat yang dapat membuat seseorang menangis dalam kebaikan, bukan mencari sahabat yang dapat membuatnya tertawa dalam kesenangan. (Agus Ahmad Fadloli)

Media

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.