Masuk

Ratusan Calon Penegak Dilantik Jadi Penegak Bantara

Featured Upacara pelantikan penegak laksana. Agus Ahmad Fadloli Upacara pelantikan penegak laksana.

MAMHTROSO.com, Troso – Sebanyak ratusan tamu penegak di gugus depan MA Matholi’ul Huda Troso dilantik menjadi pramuka penegak bantara, Rabu (24/12/2014). Mereka pun kini berhak menyematkan atribut tanda kecakapan umum berupa dek tunas kelapa kembar bertuliskan “BANTARA” di bahu mereka. kegiatan ini berlangsung sehari.

Sebelum mencapai tingkatan ini, para tamu penegak harus terlebih dulu menyelesaikan Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara. Sejumlah materi kecakapan diujikan oleh para pembina, mulai dari materi keagamaan, hingga materi kebangsaan.

Untuk menyelesaikan ujian SKU, para tamu penegak yang masih duduk di kelas X itu harus melewati sejumlah pos pengujian. Mereka harus melakukan perjalanan yang cukup melelahkan untuk mencapai titik tersebut. Ujian dilakukan dari pagi hingga siang hari.

Pelantikan sendiri dilaksanakan setelah seluruh peserta menyelesaikan ujian. Pelantikan ditandai dengan penyematan dek bantara oleh pembina kepada perwakilan peserta, dan diikuti penyematan dek yang sama oleh seluruh peserta pelantikan.

Gelar Ujian SKU Penegak Laksana

Sehari berikutnya, Kamis (25/12), Gudep MA Matholi’ul Huda Troso juga menggelar ujian SKU untuk pramuka penegak laksana. Ujian ini diikuti oleh ratusan anggota pramuka penegak bantara yang bersiap pindah tingkatan menjadi penegak laksana.

Seusai diuji, para penegak bantara kemudian dikukuhkan menjadi penegak laksana oleh pembina pramuka Mustain.

Mustain berpesan kepada para penegak laksana yang baru dilantik agar dapat mengamalkan kode kehormatan gerakan pramuka berupa Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari. Mustain juga meminta agar pramuka dapat mempunyai ciri khas dan berakhlak mulia. (Agus Ahmad Fadloli)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 28 Desember 2014 11:25

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.