Masuk

Hadi Maulidi: Bersungguh-Sungguh Dalam Menuntut Ilmu

Featured Hadi Maulidi: Bersungguh-Sungguh Dalam Menuntut Ilmu

MAMHTROSO.com, Troso – MA Matholi’ul Huda Troso kembali menggelar upacara pengibaran bendera di halaman madrasah, Sabtu (7/02/2015) pagi ini. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Hadi Maulidi, guru mata pelajaran Bahasa Arab di lembaga tersebut. Dalam amanatnya, Hadi memaparkan beberapa kiat dalam menuntut ilmu.

Mengutip dari sebuah buku, Hadi menjelaskan tentang bagaimana kiat-kiat menuntut ilmu hingga bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Langkah yang pertama kali dilakukan oleh seorang penuntut ilmu tentu saja dengan belajar. Dalam proses belajar tersebut, ia harus melandasinya dengan kemauan dan niat yang kuat. Selain itu, ia juga harus berusaha memahami dengan baik ilmu yang sedang dikajinya.

Apabila menemui kesulitan saat memahami suatu pelajaran, seseorang bisa ber-munadhar alias bertukar pikiran dengan orang yang lebih paham. Di dalam konteks dunia pendidikan, lanjutnya, seorang siswa dapat bertanya kepada teman sebaya. Bila teman juga belum menguasai, ia bisa bertanya kepada gurunya.

Hadi mengungkapkan, kemalasan seseorang dalam belajar bisa menjadi salah satu sebab mengapa ia susah memahami pelajaran. Selain itu, seorang siswa yang tidak serius dalam belajar juga dapat dipastikan akan susa menerima pelajaran. (Agus Ahmad Fadloli)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.