Masuk

Selama Tahun 2014, Kopkar Matholi’ul Huda Troso Kucurkan Kredit Rp 1 Miliar Lebih

Featured Suasana RAT 2015. Agus Ahmad Fadloli Suasana RAT 2015.

MAMHTROSO.com, Troso – Koperasi Karyawan (Kopkar) Matholi’ul Huda Troso pada tahun 2014 mengucurkan dana pinjaman sebesar Rp 1 Miliar lebih kepada para anggotanya. Angka fantastis tersebut digelontorkan selama periode Januari hingga Desember 2014.

Berdasarkan laporan yang dibacakan Ketua Kopkar MH Troso Fadloli pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopkar MH Troso di aula MTs/MA MH Troso, pagi tadi (19/2/2015), total volume kredit anggota koperasi per Desember 2014 adalah sebesar Rp 1.076.400.000 yang dipinjam oleh 130 orang anggota. Jumlah ini mengalami peningkatan 37,2 persen dari volume kredit anggota tahun 2013, yakni sebesar Rp 784,5 juta yang dipinjamkan kepada 108 nasabah koperasi.

Fadloli memaparkan, seiring dengan meningkatnya jumlah volume kredit anggota, pendapatan yang diperoleh koperasi, terutama dari jasa pengangsuran maupun jasa pelunasan, turut melonjak. Dibanding dengan pendapatan jasa tahun 2013 sebesar Rp 95 juta, penerimaan jasa hingga tutup buku tahun 2014 adalah sebesar Rp 118,5 juta lebih, dengan perincian Rp 112,3 juta lebih dari jasa pengangsuran, serta Rp 6,2 juta dari jasa pelunasan.

Sebagai dampaknya, lanjut dia, koperasi mempunyai saldo akhir tahun yang cukup besar, yakni sebesar Rp 90,7 juta lebih. Saldo tersebut diperoleh dari pendapatan jasa dikurangi belanja setahun sebesar Rp 27,8 juta.

Nah, dari saldo tersebut, koperasi menggunakan 50 persennya sebagai sisa hasil usaha (SHU) yang dibagikan kepada seluruh anggota. Sementara 50 persen sisanya digunakan untuk cadangan koperasi, jasa pengurus, dana pendidikan, insentif pegawai, dana sosial, serta dana pembangunan.

Menurut Fadloli, tren naik yang ditunjukkan Kopkar MH Troso semacam ini menandakan semakin sehatnya sirkulasi keuangan di dalam koperasi simpan pinjam tersebut. Tren naik tersebut, ujar Fadloli, juga ditopang dengan meningkatnya kedisiplinan anggota dalam memenuhi kewajiban membayar angsuran secara tepat waktu.

“Tahun ini masih ada yang kena denda lantaran telat mengangsur sebesar Rp 500 ribu. Jumlah itu kami rasa cukup besar. Harapannya, tahun depan, angka denda keterlambatan nol,” ungkap Fadloli.

Selain dihadiri pengawas dan hampir seluruh anggota koperasi, RAT 2015 juga dihadiri dua orang perwakilan dari Dinas Koperasi, UMKM dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Jepara.

Dalam sambutannya mewakili Kepala Dinkop UMKM PP Kabupaten Jepara, Aziz Siswanto memberikan penilaian positif terhadap perkembangan Kopkar MH Troso. Dia memberikan tiga analisis terkait dengan prestasi yang capai Kopkar selama setahun.

Aziz menilai Kopkar MH Troso sehat tergolong dalam koperasi yang memiliki rasio likuiditas, provitabilitas, dan solvabilitas yang bagus.

Aziz berharap keberhasilan Kopkar yang telah dicapai saat ini dapat dipertahankan, atau bahkan dapat ditingkatkan. Sebab, kata dia, Indonesia pada akhir tahun ini akan menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), di mana Indonesia bakal bersaing dengan negara-negara di ASEAN plus Tiongkok.

Sebagai salah satu persiapannya, ujarnya, Indonesia harus membangun memperkuat pasar domestik, terutama di tingkat pengusaha menengah, kecil, dan mikro. Selain itu kata dia, koperasi juga menjadi salah satu hal penting dalam menyongsong MEA, terutama di bidang permodalan.

Agenda RAT 2015 yang digelar Kopkar MH Troso berlangsung lancar, meliputi pembacaan laporan pertanggungjawaban pengurus serta pengawas Kopkar MH Troso, pandangan umum, pengesahan program kerja tahun 2015, hingga pembagian SHU dan doorprize. (Agus Ahmad Fadloli)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 19 Februari 2015 19:53

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.