Masuk

Polres Jepara Lantik 300 Anggota PKS

Featured Penyematan pet kepada peserta pelantikan. Penyematan pet kepada peserta pelantikan.

MAMHTROSO.COM, TROSO – Satlantas Polres Jepara melantik sedikitnya 300 siswa dari berbagai SMP sederajat dan SMA sederajat di wilayah Jepara menjadi anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di halaman kampus MTs-MA Matholi’ul Huda Troso, Kamis lalu (19/2/2015).

Tampil sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kasatlantas Polres Jepara yang diwakili oleh Iptu Suyitno, serta dihadiri sejumlah unsur Muspicam Pecangaan, seperti Camat Pecangaan dan Danramil.

Acara pelantikan dimulai dengan pemasangan pet kepada perwakilan anggota PKS oleh Irup tanda dimulainya tugas sebagai anggota PKS.

Suyitno menyampaikan PKS merupakan sebuah organisasi siswa yang dibentuk untuk memberikan pengalaman kepada anggotanya agar mampu membantu menegakkan ketertiban lalu lintas di lingkungan sekolah masing-masing, terutama pada saat membantu menyeberangkan siswa yang menuju maupun yang akan meninggalkan sekolah.

Menurut Suyitno, pelantikan dan pengukuhan anggota PKS ini merupakan wujud dari keseriusan dalam menyosialisasikan tertib berlalu lintas. PKS diharapkan menjadi pelopor keselamatan berkendara saat di jalan raya.

Acaara pelantikan dimeriahkan dengan demonstrasi kolone senjata dan simulasi penanganan kecelakaan lalu lintas oleh siswa SMP Walisongo Pecangaan, serta demonstrasi senam lalu lintas oleh siswa MTs-MA Matholi’ul Huda Troso.

Sebelumnya, acara pelantikan ini didahului dengan serangkaian kegiatan yang dimulai sejak Rabu siang (18/2/2015). Peserta yang berasal dari sejumlah SMP sederajat dan SMA sederajat diwajibkan melewati sejumlah pengujian dari para tim penguji. Materi yang diujikan meliputi simulasi pengaturan lalu lintas, baris-berbaris, tes senam lalu lintas, pengucapan janji PKS, serta pengucapan sapta darma PKS. Seluruh materi diujikan hingga menjelang petang.

Pada malam harinya, acara berlanjut dengan sosialisasi keselamatan berlalu lintas dari Satlantas Polres Jepara. Dalam agenda tersebut, sejumlah pemateri menyampaikan pentingnya menaati rambu-rambu dan tata tertib berlalu lintas di jalan. Menurut mereka, selain terkait dengan keselamatan berkendara bagi diri sendiri juga melibatkan keselamatan pengendara lain.

Galeri kegiatannya, klik tautan ini.

Sementara itu, panitia kegiatan Bambang Hariyanto mengungkapkan, secara keseluruhan kegiatan pelantikan anggota PKS tahun ini berlangsung cukup lancar. Acara sempat terkendala hujan namun panitia akhirnya dapat melaksanakan seluruh rangkaian acara dengan tertib. (Agus Ahmad Fadloli)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 21 Februari 2015 12:08

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.