Masuk

MA MH Troso Kembali Gelar PUB

Featured Siswa sedang mengerjakan soal PUB. Agus Ahmad Fadloli Siswa sedang mengerjakan soal PUB.

MAMHTROSO.COM, TROSO – Pekan Ulangan Bersama (PUB), sebuah paket evaluasi hasil belajar ala MA Matholi’ul Huda Troso kembali digelar pagi ini (22/2/2015). PUB kali ini merupakan yang pertama kalinya digelar pada semester genap di tahun ajaran 2014/2015. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI.

Pada semester gasal lalu, madrasah ini tercatat sudah menggelar PUB sebanyak dua kali, yakni pada bulan September dan November 2014.

PUB kali ini digelar sebagai bentuk evaluasi hasil belajar siswa kelas X dan XI selama dua bulan terakhir sejak memasuki semester kedua di tahun ajaran 2014/2015. Hampir semua mata pelajaran wajib diujikan pada PUB kali ini.

Dalam teknis pelaksanaannya, PUB kali ini tak jauh berbeda dengan PUB terdahulu. Setiap siswa mengerjakan soal uraian yang dibuat oleh masing-masing guru pengampu mata pelajaran. Jumlah soal yang diberikan bervariasi, mulai dari lima butir soal untuk pelajaran yang melibatkan hitungan rumit, serta 10 butir soal untuk mapel penjabaran pengertian. Beberapa guru membuat variasi soal dengan menyertakan beberapa soal uraian singkat.

Untuk mempermudah siswa dalam pemetaan belajar, guru sebelumnya telah memberikan sejumlah bank soal terkait dengan materi yang diujikan. Jumlahnya butir bank soal tergantung dari masing-masing guru, namun rata-rata setiap guru memberikan bank soal minimal 15 butir soal.

Dari hasil PUB ini nantinya akan dijadikan salah satu pedoman penentuan nilai ulangan harian siswa. Meski begitu, bagi guru yang menggelar ulangan harian di luar PUB akan dirata-rata dengan nilai PUB sehingga menghasilkan nilai ulangan harian di rapor.

Bagi siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), guru juga diperbolehkan melakukan remidial test hingga siswa yang bersangkutan dapat mencapai ambang batas KKM.

Dari segi jumlah pesertanya, jumlah peserta PUB kali ini lebih sedikit bila dibanding PUB sebelumnya. Sebab pada PUB kali ini hanya diikuti oleh siswa kelas X dan XI. Sementara untuk siswa kelas XII lebih terfokus pada persiapan menghadapi serangkaian ujian akhir yang akan dimulai bulan Maret ini. Para siswa tingkat akhir itu diagendakan akan menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) mulai tanggal 9 hingga 11 Maret 2015. Setelah itu, mereka juga dijadwalkan akan menghadapi Ujian Nasional (Unas) mulai tanggal 13 sampai dengan 15 April 2015. (Agus Ahmad Fadloli)

Terakhir diperbarui pada Senin, 23 Februari 2015 08:11

4 komentar

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.