Masuk

Penyelenggaraan UAMBN Tahun 2015

Featured Penyelenggaraan UAMBN Tahun 2015

Troso, MAMHTROSO.COM - Seperti halnya tahun lalu Ujian Madrasah Berstandar Nasional atau sering disebut UAMBN Tahun Pelajaran 2014/2015 kini kembali diselenggarakan, yaitu pada tanggal 09 Maret 2015.

Kegiatan pelaksanaan UAMBN dilaksanakan sebelum jadwal Ujian Nasional (UN). Mata Pelajaran yang diujikan pada UAMBN adalah; Al-Qu'an Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab.

Sebanyak 179 siswa kelas 12 MA Matholi’ul Huda Troso mengikuti UAMBN tahun ini. Mereka terdiri dari 76 siswa program IPA dan 103 siswa program IPS. Yang terbagi dalam 10 ruang kelas yang digunakan untuk pelaksanaan UAMBN kali ini. Sementara itu untuk kelas 10 dan 11 diliburkan selama 3 hari, dan masuk kembali pada hari Kamis tanggal 12 Maret 2015.

Tim Pengawas pada UAMBN pada tahun ini adalah Tim Pengawas Silang yang di MA Matholi’ul Huda Troso terdapat 20 pengawas. Diantaranya adalah MA Sultan Hadirin Mantingan mengirimkan 2 guru pengawas, MA Tasymirusy Syubban Tedunan 2 guru pengawas, MA Ki Aji Tunggal Karang AJi 2 guru pengawas, MA Miftahul Huda Dongos 2 guru pengawas, MA Al Alawiyah Karangrandu 2 guru pengawas, MAN Bawu Jepara 6 guru pengawas, dan dari MA Darul Hikmah Menganti mengirimkan 4 guru pengawas.

Sebagaimana dalam POS UAMBN 2015, UAMBN kali ini bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pada satuan pendidikan, sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan secara nasional. UAMBN juga berfungsi sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan   pemetaan   mutu madrasah dan pendorong peningkatan mutu pendidikan pada madrasah.

Jadwal UAMBN dimulai pada pukul 08.00 – 09.30 WIB untuk mapel pertama, istirahat 30 menit, dan dilanjutkan mapel kedua pada pukul 10.00 – 11.30 WIB. Menurut Bapak Kepala Madrasah waktu ini dirasa kurang cukup untuk memaksimalkan siswa-siswi dalam mengerjakan soal yang masing-masing mapel berjumlah 50 soal. Karena sebelum mengerjakan soal peserta UAMBN diharuskan mengisi kolom identitas yang memerlukan waktu cukup lama. Maka sesuai dengan kesepakatan dengan tim pengawas alokasi waktu setiap mapel ditambah 15 menit untuk mengisi identitas pada lembar jawab (LJUAMBN). Sehingga peserta UAMBN MA Matholi’ul Huda Troso mulai masuk ruangan pada pukul 07.45 WIB dan selesai pada pukul 09.30 WIB untuk mapel pertama. Dan masuk ruangan pukul 10.00 WIB sampai 11.45 WIB pada mapel kedua.

“Selamat kepada segenap siswa-siswi MA Matholi’ul Huda Troso yang mulai pada besok pagi melaksanakan UAMBN, belajar semaksimal mungkin, dan jujur dalam mengerjakan soal adalah yang paling utama,” demikian pesan disampaikan oleh Bapak Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso dalam membekali peserta UAMBN di Aula Madrasah kemarin. Siswa-siswi peserta UAMBN ditekankan tetap menjaga kejujuran dalam mengerjakan soal, karena itu sesuai dengan penanaman nilai-nilai moral yang sudah dibiasakan kepada siswa-siswi sejak masih kelas 10. (Syaif & MMS)

 

 

Terakhir diperbarui pada Selasa, 10 Maret 2015 08:07
Lebih lanjut dalam kategori ini: Asyiknya Permainan Outbound »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.