Masuk

Menumbuhkan Sikap Positif di Outbond Kepramukaan MA MH Troso

Featured Menumbuhkan Sikap Positif di Outbond Kepramukaan MA MH Troso

MAMHTROSO.COM – Kegiatan intrakurikuler Pramuka di MA MH Troso hari selasa ini (12/5) diadakan kembali. Kegiatan intrakurikuler pramuka ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Gugus Depan 09.115/09.116 Ambalan Setia Budi dan Fatmawati. Setiap hari selasa pada jam ke 7 dan 8 secara bergiliran pramuka dan muhadlarah. Minggu pertama untuk pramuka, minggu kedua untuk muhadlarah dan seterusnya.

Untuk memberikan kesan kepada seluruh civitas MA MH Troso bahwa pramuka tidak hanya memiliki kegiatan-kegiatan bersifat kaku, berat, dan melelahkan. Semisal baris berbaris, menaksir, semboyan, dll. Kali ini pramuka di MA MH Troso mengadakan kegiatan Outbond yang sangat efektif dalam meningkatkan kebersamaan dan toleransi antar anggota. “Pramuka dapat membentuk karakter peduli sesama, berkarakter patriotik, dan siap membangun masyarakat. Jadi kegiatannya tidak boleh melulu tentang tekpram saja”, tandas Noor Ubaidillah, S.Pd.I., Ketua Pembina Gudep 09.115/09.116, di MA MH Troso, Selasa (12/5).

Outbond pertama adalah Backball, setiap sangga diwakili oleh 2 orang dengan saling membelakangi. Di tengah punggung diselipkan bola plastik. Dengan kekompakan 2 orang tersebut harus menjaga supaya bola plastik tidak terjatuh, dan harus melintase track yang sudah disediakan oleh Dewan Ambalan.

Kemudian Terowongan Koran. Seluruh anggota sangga dibagi menjadi 2 dan berdiri saling berhadapan. Masing-masing pasangan yang saling berhadapan memegang koran. Pasangan paling ujung di atas korannya diletakkan bola plastik kemudian harus dilempar ke ujung yang lain. Setelah bola terlempar, pasangan yang menangkap bola harus masuk dalam terowongan koran dan siap untuk melempar bola tersebut ke pasangan yang paling di ujung.

Yang terakhir PolliVolly. Permainan ini dilakukan 2 sangga secara battle. Sebagaimana permainan Bola Volly terdapat garis lapangan dan net. Seluruh anggota sangga 1 secara bersama memegang karung dengan menghadap ke atas. Begitupun untuk sangga kedua. Sangga yang pertama melakukan service dengan meletakkan bola plastik di atas karung, kemudian dilemparkan ke daerah lawan melalui atas net. Permainan ini cukup seru karena melibatkan orang banyak dan dibutuhkan kerjasama yang lebih dari masing-masing anggota sangga.

Dengan kegiatan outbond di kepramukan yang dilakukan oleh Gugus Depan 09.115-09.116 Ambalan Setia Budi dan Fatmawati MA MH Troso, diharapkan siswa-siswi dapat tumbuh rasa saling kebedulian, kerjasama, jiwa sosial yang baik, dan tidak egois. (Syah Ronie)

Terakhir diperbarui pada Rabu, 13 Mei 2015 08:12

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.