Masuk

Kejujuran Harga Mati di UKK MA MH Troso

Featured Kejujuran Harga Mati di UKK MA MH Troso

MAMHTROSO.COM – Menjelang akhir tahun pelajaran 2014/2015, MA Matholi’ul Huda Troso menggelar Ulangan Kenaikan Kelas (UKK). Ujian ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI itu dimulai hari Senin kemarin (25/5/2015), dan direncanakan berakhir pada Kamis (04/12/2015) mendatang.

Kepala MA MH Troso juga selalu mewanti-wanti kepada peserta UKK yakni kelas X dan XI supaya selalu menjunjung tinggi nilai kejujuran. Karena menurut beliau nilai bukan hasil akhir, tetapi proses dalam pengerjaan soal-soal jauh lebih penting. Bukan hanya ketika mengertjakan soal. Tetapi diharapkan siswa mampu menerapkan sikap jujur itu dalam kehidupannya sehari-hari. Karena di MA MH Troso bukan hanya mencetak siswa-siswi yang berintelektual saja, tetapi juga didasari dengan iman sehingga menjadi siswa-siswi yang berbudi luhur.

UKK ini diadakan sebagai salah satu evaluasi akhir siswa-siswi selama semester genap. Yang nantinya hasil dari UKK ini akan diakumulasikan dengan nilai harian dan nilai tugas untuk diperoleh nilai rapor.

Siswa yang dianggap “naik kelas” adalah siswa setidaknya bisa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan madrasah, yakni sebesar 75 untuk setiap mata pelajaran.

Menurut Mustain Kepala Tata Usaha MA MH Troso, materi yang diujikan dalam UKK tahun ini untuk kelas X sebanyak 17 mata pelajaran. Meliputi Sosiologi, Akidah Akhlak, Geografi, Fikih, Fisika, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, TIK, Matematika, Bahasa Indonesia, PKn, Ekonomi, Sejarah, Kimia, Qur’an Hadits, Biologi, Ski, dan Ketrampilan Grafis.

Untuk kelas XI mata pelajaran yang diujikan juga ada 17 mata pelajaran. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya mata pelajaran yang diujikan untuk kelas XI kali ini lebih banyak. Pada UKK kali ini mata pelajaran muatan lokal (mulok) juga ikut diujikan. Seperti TIK, Ke-NU-an, dan Desain Grafis. Ini dimaksudkan supaya tidak ada kesenjangan prioritas dalam mapel utama dan mapel mulok. “Meskipun mulok tetapi harus tetap diujikan dalam UKK, karena itu sebagai bekal pemahaman dan ketrampilan siswa, makanya juga harus diprioritaskan”, jelas Drs. H. Nur Kholis Syam’un Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso. (Syah Ronie)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 26 Mei 2015 12:31

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.