Masuk

Intrakurikuler Pramuka – Hari Ini Harus Kuasai 3 Teknik Ikatan

Featured Intrakurikuler Pramuka – Hari Ini Harus Kuasai 3 Teknik Ikatan

MAMHTROSO.COM – Siang yang panas tak menyurutkan semangat Gerakan Pramuka Ambalan Setia Budi dan Fatmawati Gugus Depan 09.115 – 09.116 MA MH Troso. Sebagai salah satu program dari Madrasah kegiatan pramuka merupakan kegiatan intra yang dijadwalkan setiap hari Selasa siang.

Di awal Tahun Pelajaran 2015-2016 kegiatan pramuka memang sudah digagas akan dilaksanakan sekali dalam seminggu. Akan tetapi pelaksanaannya secara bergiliran dengan kegiatan muhadlarah yaitu di hari Senin dan Selasa.  Mengingat dengan adanya program program baru Shobah Farhah (Morning Fun) yang dilaksanakan pada hari Senin pagi. Maka praktis kegiatan pramuka hanya bisa dilaksanakan pada hari Selasa siang. Sementara kegiatan muhadlarah dilaksanakan pada hari Rabu pada jam tambahan yaitu jam ke-9 dan ke-10. Meskipun begitu Proses Belajar Mengajar (PBM) di MA MH Troso pada hari Rabu tetap selesai pada pukul 13.30 WIB sebagaimana hari-hari biasa.

Kemarin, Selasa (29/9/2015), Pradana Putri, Rida Alma Dina, dkk. memberikan materi  tehnik kepramukaan (tekpram) yaitu membuat tiga macam ikatan. Ikatan silang (Cross Lashing), ikatan palang (Square Lashing), dan ikatan canggah untuk menyambung dua buah tongkat. Setelah pada bulan yang lalu siswa-siswi MA MH Troso diberi materi tentang simpul-simpul dasar tali temali. Maka supaya berkesinambungan hari Selasa kemarin para Dewan Ambalan memberikan materi lanjutan tentang pionering (tali-temali pramuka).  

Lihat Galerinya - klik di sini

“Hari ini harus bisa kuasai 3 jenis ikatan, supaya lebih kompetitif, para siswa-siswi lebih semangat mengikuti kegiatan kepramukaan, kalau bisa diadakan lomba antar kelompok pramuka setiap 2 bulan atau 3 bulan sekali”, ucap M. Fajrian Choeroni, Pradana Putra, di sela-sela memberikan materi kepramukaan kemarin.

Harapannya dari pihak madrasah menyetujui salah satu ide dari para Dewan Ambalan tersebut untuk mengadakan lomba kepramukaan. Dilaksanakan secara berkala pada jam pramuka. Sehingga tidak mengganggu agenda-agenda madrasah yang lain. Ini juga dapat dijadikan sebagai media refreshing siswa-siswi MA MH Troso selain kegiatan outbond kepramukaan.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Rabu, 30 September 2015 12:11

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.