Masuk

17 Kelas Berpartisipasi Pada Lomba Dekorasi Kelas MA MH Troso Tahun 2015

Featured 17 Kelas Berpartisipasi Pada Lomba Dekorasi Kelas MA MH Troso Tahun 2015

MAMHTROSO.COM – Sebanyak 17 kelas di MA Matholi’ul Huda Troso tahun ini mengikuti Lomba K5 antar kelas. Ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan tiap awal tahun pelajaran. Mulai bulan Agustus yang lalu setiap kelas diberikan dua bulan untuk menghias kelasnya masing-masing yaitu sampai Bulan September akhir kemarin.

Berbagai macam cara siswa-siswi MA MH Troso menghias kelasnya. Mulai dari mengecat dinding kelasnya dengan warna yang sesuai desain. Membuat objek-objek tiga dimensi dari Styrofoam seperti robot transformer, candi Borobudur, pure bali, town hall di game COC, dll. Juga menambahi dengan tulisan-tulisan inspiratif sesuai dengan tema yang diusung masing-masing kelas.

Mulai Hari Sabtu (3/10/2015) sampai Hari Kamis (8/10/2015) tim dewan juri yang diketuai langsung oleh Kepala MA MH Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un melaksanakan penilaian. Diantara kriteria penilaiannya ada 5 kategori yang harus dipertimbangan untuk menentukan urutan ke-1 sampai urutan terakhir yaitu ke-17. Kriteria pertama adalah kesesuaian tema meliputi Hiasan dan eksplorasi tema. Kedua, kreatifitas meliputi tingkat kesulitan, komunikatif dan ide baru. Ketiga, estetika meliputi kombinasi warna dan kesopanan karya. Keempat, kreasi siswa. Dan kelima, kebersihan. 

Lihat Galerinya - Klik di sini 

Ketujuh belas Kelas yang menjadi peserta Lomba Dekorasi Kelas MA MH Troso Tahun 2015 adalah sebagai berikut :

1. Kelas X A dengan tema “Jungle (Menjaga Kelestarian Alam)”

Sebagai salah satu kelas pendatang baru di MA MH Troso sepertinya Kelas X A tidak canggung untuk bersaing dengan kelas-kelas di atasnya. Dengan mengusung tema “Jungle (Menjaga Kelestarian Alam)” cukup membuat persaingan antar kelas semakin ketat. Hiasan kelas dengan tumbuhan hijau dan adanya hewan-hewan seperti gajah, burung-burung, jerapah, dll. Seakan kelas X A menginginkan bahwa siswa-siswinya harus selalu ingat untuk ramah dengan lingkungan dan selalu menjaganya.

2. Kelas X B dengan tema “Negara Api”

Dengan tema “Negara api” yang diambil dari salah satu dari empat Negara yang ada di film cartoon dari cerita legenda China “Avatar Legend of Ang”. Dimana Negara api ini adalah Negara paling berkuasa dan paling kuat diantara Negara-negara lainnya. Sepertinya siswa-siswi kelas X B berkeninginan untuk menjadikan kelasnya sebagai kelas yang kuat dari pada kelas-kelas yang lainnya.

3. Kelas X C dengan tema “Islamic”

Adanya simbol masjid 3D di bagian belakang kelas, melambangkan arah dan cita-cita siswa-siswi Kelas X C untuk selalu mengingatkan siswa-siswinya bahwa agama adalah pegangan yang paling utama dalam kehidupan. Dan mereka menegaskan bahwa Islam adalah agama yang benar. Dengan tema “Islamic” dengan harapan siswa-siswi di kelas tersebut akan selalu menjunjung nilai-nilai keislaman dalam setiap perilakunya.  

4. Kelas X D dengan tema “Save Borobudur”

Kelas ini cukup mengejutkan dengan hiasan-hiasan yang bertemakan “Save Borobudur”. Dengan background yang apik dihiasi candi-candi Borobudur dan gapuranya. Kelas X D ini berfilosofi bahwa setiap orang ada tingkatannya sebagaimana candi-candi yang ada di Borobudur. Ada tingkat paling dasar, menengah, dan tingkat kesempurnaan. Sebagaimana cita-cita mereka untuk menuju kepada tingkat kesempurnaan tersebut.

5. Kelas X E dengan tema “Spongbob Atlantis / Kota Hilang”

Kelas ini mengambil tema “Spongbob Atlantis” karena ingin mengambil kesetiaan kawan dua orang sahabat antara Spongsbob si busa laut dan Patrik si bintang laut. Dalam ceritanya mereka sangat kompak dan saling membantu satu sama lain. Dengan background kota di bawah air, lengkap para tokohnya. Rupanya siswa-siswi Kelas X E menginginkan terciptanya rasa kesetiaan kawan diantara mereka sebagaimana dalam cerita.

6. Kelas X F dengan tema “Jepara Kota Ukir”

Mengusung tema lokal dari kota sendiri, Kelas X F sangat kreatif dalam menuangkan ide-idenya dalam hiasan kelasnya. Lukisan ukir-ukiran dan tumbuh-tumbuhan begitu nyata seperti hasil printing. Dibanding kelas X yang lainnya, Kelas X F ini paling diperhitungkan oleh kompetitor-kompetitor lainnya. Karena dengan tema yang sederhana akan tetapi berhasil memvisualisasikan hiasan kelas yang indah.

7. Kelas XI IPA-1 dengan tema “Pantai Kartini”

Lebih spesifik lagi Kelas XI IPA-1 mengangkat tema lokal yaitu “Pantai Kartini”. Pantai yang menjadi simbol kota jepara itu diangkat sebagai salah satu tema di Lomba Dekorasi Kelas tahun ini. Pantai Kartini yang identik dengan patung kura-kura raksasa. Di Kelas XI IPA-1 ini juga terdapat patung kura raksasa yanh diletakkan di bagian belakang kelasnya.

8. Kelas XI IPA-2 dengan tema “China Tionghoa”

Mengangkat tema dari Negeri tirai bambu, “China Tionghoa”. Kelas XI IPA-2 mengecat kelas dengan dominan warna merah tua. Dengan dikelilingi lukisan-lukisan bambu di tepi kanan, kiri, dan depannya. Tidak ketinggalan juga patung naga sebagai simbol legenda negera tersebut dibuat dan diletakkan di sisi belakang kelas.

9. Kelas XI IPA-3 dengan tema “Arabic Night”

Bagai di Negara timur tengah jika Anda berada di Kelas ini. Dengan pemandangan gurun, pohon kurma, bangunan masjid. Tidak ketinggalan juga gambar unta dan para musafir dihiaskan pada background kelas XI IPA-3 ini. Ornamen-ornamen detail khas Arab-pun diletakkan di sekeliling kelas untuk menambah suasana ketimur-tengahannya.

10. Kelas XI IPS-1 dengan tema “Up of the Cartoon”

Kelas ini mengusung tema dari salah satu Film Box Office pabrikan Amerika Serikat yaitu “UP”. Dari film tersebut terdapat seorang kakek yang dari kecil memiliki cita-cita yang mustahil. Yaitu mempunyai rumah di atas dataran Green Canyon AS. Akan tetapi dengan segala jerih payahnya kakek tersebut berhasil membawa terbang rumahnya dengan bantuan berjuta-juta balon terbang. Siswa-siswi di Kelas XI IPS-1 ini terinspirasi dari film tersebut ingin menggapai setiap cita-citanya meskipun itu adalah hal yang yang sulit.

11. Kelas XI IPS-2 dengan tema “Orang Indonesia”

“OI” ini adalah sebutan para fans musisi terkenal di Indonesia, Iwan Fals. OI yang memiliki kepanjang orang Indonesia diangkat sebagai tema dalam lomba dekorasi kelas tahun ini oleh Kelas XI IPS-2 karena mereka ingin mengambil hikmah-hikmah dari lagu-lagu yang ditulis oleh musisi tersebut. Iwan Fals yang lagu-lagunya banyak menyuarakan suara rakyat untuk pemerintahan mulai dari orde baru sampai sekarang. Bebas berekspresi akan tetapi demi kebaikan negeri. Itulah yang dicita-citakan siswa-siswi Kelas XI IPS-2 untuk mengekspresikan dirinya demi kemajuan dari setiap anggota kelasnya.

12. Kelas XI IPS-3 dengan tema “Japanese Animation”

Gunung Fuji yang terlihat jelas di tengah-tengah background kelas. Begitu juga bunga-bunga sakura yang menghiasi setiap sudut kelas XI IPS-3. Ini memperlihatkan akan keindahan budaya di Negeri Matahari terbit itu. Begitu juga dengan kemajuan teknologinya yang pesat. Siswa-siswi Kelas XI IPS-3 menginginkan suasana kota-kota yang ada di Jepang dengan kemajuannya bisa dikonversikan dalam kelasnya tersebut.  

13. Kelas XII IPA-1 dengan tema “Destination Of Balinesia”

Kelas ini sepertinya ingin mengulang kesuksesannya di tahun sebelumnya. Setelah berhasil mengusung tema “Transtudio” di Kelas XI dan berhasil menyabet juara ke-2. Kali ini kelas yang digawangi oleh Fajrian Choeroni ini mengusung tema yang berbeda yaitu “Destination of Balinesia”. Kelas dengan hiasan yang kental dengan serba-serbi Bali ini cukup berfikir keras untuk mengalahkan para kompetitornya. Dengan hiasan bunga kamboja, rumah-rumah khas bali, dan candi-candinya-pun turut meramaikan hiasan kelasnya yang kebanyakn bangun 3D.

14. Kelas XII IPA-2 dengan tema “Clash of Clans”

Mengangkat tema dari Game Online yang booming saat ini yaitu “Clash of Clans”. Kelas XII IPA-2 cukup apik menuangkan ide-idenya. Dengan adanya “Town Hall” sebutan perkotaan di game tersebut. Dibuat 3D dan diletakkan dibagian background Kelas seakan-seakan ketika masuk dalam kelas tersebut. Maka Anda akan serasa bermain game itu secara nyata. Tidak lupa dihiasi para pasukan-pasukan dalam game tersebut di dinding kanan kirinya. Game strategi ini memang tidak sembarang orang bisa memainkan. Butuh orang yang cerdas dan perencanaan yang matang dalam memainkannya. Sepertinya siswa-siswi Kelas XII IPA-2 ingin setiap anggotanya memiliki kecerdasan dan perencanaan yang baik dalam melakukan setiap hal.

15. Kelas XII IPS-1 dengan tema “Candi Borobudur”

Sekilas sama dengan Kelas X D. Akan tetapi XII IPS-1 ini membuat background kelasnya tampak lebih nyata sebagaimana Candi Borobudur yang ada di Kota Megelang. “Ati Suci Marganing Rahayu” salah satu semboyan yang tertulis di dinding Kelas tersebut. Dari kalimat tersebut terselip cita-cita siswa-siswi Kelas XII IPS-1 yaitu untuk mensucikan hati demi mendapatkan jalan keselamatan jiwa dan raga.

16. Kelas XII IPS-2 dengan tema “Ice Age”

Dengan tema yang diambil dari salah satu Film kartun yang menceritakan perjalanan beberapa hewan yang terdampar di kutub selatan. Kelas ini ingin menciptakan suasana dinginnya es dan kerja sama antara hewan di film tersebut bisa diterapkan pada setiap anggota kelasnya.

17. Kelas XII IPS-3 dengan tema “Transformer Class”

Tema yang cukup dinamis dan baru pada Lomba Dekorasi Kelas kali ini. Di sudut-sudut kelasnya terdapat robot-robot dari Film Transformer yang pada pengerjaan detailnya sangat sulit. Akan tetapi para siswa Kelas XII IPS-3 ini berhasil menciptakan suasana yang khas sebagaimana di Film tersebut.  

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 10 Oktober 2015 16:48

1 komentar

  • Sue
    Sue Selasa, 07 Februari 2017 18:49 Pranala Komentar

    Bagus sangat2.. sy sgt teruja & kagum melihat hasil kreativiti anak2 pelajar indonesia - cikgu malaysia

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.