Masuk

Intrakurikuler Pramuka : Baris-berbaris Jilid 3

Featured Intrakurikuler Pramuka : Baris-berbaris Jilid 3

MAMHTROSO.COM – Sebagai salah satu kegiatan dari sekian banyak kegiatan intrakurikuler di MA MH Troso Gerakan pramuka Ambalan Setia Budi dan Fatmawati Gugus Depan 09.115 – 09.116 hari ini adakan latihan rutinnya, Selasa (20/10).

Memang sudah menjadi salah satu program madrasah sejak 5 tahun yang lalu. Kegiatan pramuka yang di sekolah-sekolah lain hanya dijadikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler, akan tetapi di MA MH Troso kegiatan satu ini dijadikan sebagai kegiatan rutin yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi MA MH Troso setiap Selasa siang.

Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala MA MH Troso mengungkapkan bahwa dengan media kepramukaan beliau mencita-citakan siswa-siswinya menjadi manusia yang tangguh, cekatan, tanggap, disiplin, dan punya etos yang tinggi dalam segala hal.

Banyak kegiatan-kegiatan di kepramukaan yang dapat membentuk karakter yang disiplin dan bertanggung jawab, lebih mencintai alam dan lingkungan sekitar, melatih kemandirian, melatih leadership sifat kepemimpinan, dan ketrampilan berorganisasi.

Sebagaimana materi baris-berbaris lanjutan yang disampaikan oleh para dewan Ambalan Setia Budi dan Fatmawati siang ini. Banyak nilai-nilai positif yang dapat diambil dari baris-berbaris. Diantaranya adalah melatih kepemimpinan, kedisiplinan, kekompakan, kekuatan, kebersamaan, dan banyak lainnya.

Setelah hari jum’at kemarin mengadakan Penerimaan Tamu Amabalan (PTA) untuk siswa-siswi Kelas X, para Dewan Ambalan yang dipimpin oleh M. Fajrian Choeroni (XII IPA-1) dan Rida Alma Dina (XII IPA-1) tetap menjalankan program kerjanya sesuai kurikulum kegiatan pramuka yang ditetapkan oleh gugus depan.

Latihan baris-berbaris adalah satu kegiatan yang selalu diagendakan setiap bulannya selain kegiatan outbond. Berbeda dengan materi baris-berbaris sebelumnya di bulan pertama dan kedua, kali ini materi baris-berbaris menekankan pada gerakan perubahan arah, semisal gerakan haluan, melintang, langkah perlahan, dll.  

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 20 Oktober 2015 13:46

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.