Masuk

Shobah Farhah – Siswa MA MH Troso Ikut Melestarikan Budaya Asli Indonesia Batik

Featured Shobah Farhah –  Siswa MA MH Troso Ikut Melestarikan Budaya Asli Indonesia Batik

MAMHTROSO.COM – Kembali adakan agenda rutinnya Shobah Farhah, MA MH Troso melaksanakan sebanyak 24 jenis kegiatan secara serentak. Shobah Farhah ini dilaksanakan setiap Hari Senin pukul 07.30 WIB sampai pukul 09.30 WIB.

Diantara 24 jenis kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan Shobah Farhah, salah satunya adalah “Membatik” yang dibimbing oleh Hj. Siti Muzayyaroh, S.Ag. dan Hj. Susiyati. kegiatan membatik ini  bertempat di kelas XII-IPA I yang diikuti sekitar 44 siswa.

Setelah pada pertemuan sebelumnya Hj. Susiati menyampaikan teori-teori proses permulaan membatik yaitu pembuatan pola pada kertas dan mengeblat gambar pola pada kain dengan kertas karbon. Hari ini para siswa yang mengikuti kegiatan membatik ini sudah bisa merasakan bagaimana memegang Canting.

Canting adalah alat yang dipakai untuk memindahkan atau mengambil cairan. Canting untuk membatik adalah alat kecil yang terbuat dari tembaga dan bambu sebagai pegangannya. Canting ini dipakai untuk menuliskan pola batik dengan cairan lilin.

Salah satu tujuan diadakannya kegiatan Shobah Farhah membatik di MA MH Troso ini adalah agar para siswanya dapat mengembangkan bakatnya dalam bidang menggambar. Sebagai kekayaan warisan budaya asli Indonesia "batik" perlu mendapat dukungan pelestarian dari semua pihak termasuk dari kalangan pelajar yang masih belum mengetahui banyak tentang proses membatik.

“Saya sangat tertarik dengan kegiatan membatik ini, selain bisa melatih kesenian menggambar, saya juga bisa mengetahui beberapa jenis-jenis gambar batik khas dari masing-masing daerah terutama daerah saya sendiri Jepara”, ucap Inayatul Karimah salah satu siswi dari kelas XI-IPS 3.

(Syah)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.