Masuk

Intrakurikuler Pramuka – Siapkan materi untuk LKP Gugus Depan MA MH Troso Mantabkan Pembuatan Drag Bar

Featured Intrakurikuler Pramuka – Siapkan materi untuk LKP Gugus Depan MA MH Troso Mantabkan Pembuatan Drag Bar

MAMHTROSO.COM – Siang ini Gugus Depan 09.115 – 09.116 MA MH Troso laksanakan salah satu agenda rutinnya yaitu kegiatan intrakurikuler Pramuka, Selasa (11/3).  Berbeda dengan sekolah-sekolah lain pada umumnya yang menjadikan Kegiatan Pramuka sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler. Akan tetapi MA MH Troso meyakini bahwa banyak dampak positif yang bisa ditumbuhkan dalam kegiatan pramuka sehingga menjadikan salah satu kegiatan ini sebagai kegiatan intrakurikulernya.  

Fajrian Choeroni (XII IPA-1), Pradana Putra Ambalan Setia Budi mengungkapkan banyak yang didapatkan dalam kegiatan pramuka. “Meskipun banyak yang mengeluh karena panas, capek, dsb. justru dari itu bisa melatih mental mereka, kemandirian mereka, ketidak-egoisan mereka, meningkatkan kreatifitas, belajar lebih mencintai alam dan lingkungan sekitar kita dan yang paling penting dapat membentuk karakter disiplin dan bertanggung jawab, meskipun saya juga masih belajar untuk itu semua”, tambahnya pada sesi latihan tadi.

Materi yang disampaikan oleh Dewan Ambalan Setia Budi dan Fatmawati hari ini adalah lanjutan dari ketrampilan Pioneering. Semua ketrampilan yang berhubungan dengan tali temali di dalam kepramukaan dikenal dengan istilah pioneering. Ini disebabkan karena tali-temali yang digunakan untuk kegiatan para perintis (pioneer) seperti membuat jembatan, menara pandang, rumah sementara, hingga sebuah benteng. Walau di zaman yang sudah modern seperti saat ini secara umum penggunaan tali-temali sudah sangat berkurang, namun tali-temali tetap diperlukan untuk hal-hal yang bersifat darurat.

Pada bulan sebelumnya para siswa-siswi MA MH Troso yang termasuk dalam anggota Pramuka Penegak Ambalan Setia Budi dan Fatmawati sudah diberikan materi tentang simpul dasar dan ikatan. Hari ini mereka diajarkan para Dewan Ambalan untuk membuat sebuah tandu darurat dari tongkat, tali, dan ketrampilan membuat ikatan atau sering disebut Drag bar.

Setiap kelompok pramuka dalam satu ruang terdiri dari 33-40 siswa dan terbagi menjadi 3 sangga. Dari masing-masing kelompok ini didampingi oleh satu guru pembimbing dan 4 Dewan Ambalan. Pada sesi pertama para Dewan Ambalan memberikan contoh pembuatan Drag Bar. Kemudian secara bergantian setiap sangga mempraktikkan pembuatan Drag Bar tersebut.

Kegiatan yang berlangsung sekitar satu setengah jam tersebut walaupun singkat paling tidak telah memberikan bekal ketrampilan yang sangat mungkin dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum kegiatan diakhiri diadakan evaluasi secara menyeluruh mengenai latihan yang telah dilakukan hari ini. Untuk lebih memantabkan dan memacu semangat para anggota pramuka MA MH Troso rencananya pada pertemuan berikutnya pada tanggal 24 Nopember 2015 akan diadakan Lomba Ketrampilan Penegak (LKP) antar kelompok pramuka yang salah satu jenis lombanya adalah pembuatan tandu darurat ini.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 03 November 2015 13:46

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.