Masuk

Shobah Farhah – Kelompok Peneliti Remaja MA MH Troso Buat Lampu Tanpa Kabel

Featured Shobah Farhah – Kelompok Peneliti Remaja MA MH Troso Buat Lampu Tanpa Kabel

MAMHTROSO.COM – Sebagai rutinitas yang dilaksanakan tiap Senin pagi, Morning Fun atau juga disebut Shobah Farhah kini berjalan semakin efektif. Dari 27 jenis kegiatan yang dilaksanakan kali ini tim MAMHTROSO.COM memantau salah satu kegiatan yang bertajuk keilmuan, yaitu Kelompok Peneliti Remaja (KPR).   

KPR diikuti oleh 38 siswa MA MH Troso mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Meskipun materi penelitiannya dominan diangkat dari materi IPA, akan tetapi banyak siswa-siswi dari Kelas IPS yang mengikuti kegiatan ini.

Pagi ini Senin (16/11) Kelompok Peneliti Remaja sudah mempraktikkan proyek keduanya, setelah beberapa minggu yang lalu mempraktikkan kandungan borak dalam makanan, kali ini kelompok yang dibimbing oleh Andika Wisnu Saputra, S.Pd. dan Dra. Wafiroh itu mempraktikkan “Listrik Sederhana tanpa Kabel”.

Proyek ini dipraktikkan oleh anggota KPR karena menurut Andika sangat bermanfaat bagi siswa-siswinya. “Selain memberi pengalaman kepada siswa untuk membuat pembangkit listrik tanpa kabel dengan prinsip elektromagnetik, produk dari proyek ini juga bisa digunakan untuk menyalakan lampu pada saat listrik sedang padam”, ungkapnya.

Teknis kegiatan KPR ini memang tidak bisa cepat dan sesingkat kegiatan-kegiatan yang lain. Karena pada tahap pertama semua anggota harus mencari refrensi dari buku-buku, internet atau sumber-sumber yang lain, untuk menentukan satu proyek dan dipraktikkan bersama-sama anggota yang lain. Setelah semua anggota sepakat untuk menentukan satu proyek. Kemudian di tahap kedua atau minggu kedua para anggota menyusun proposal kegiatan penelitiannya. Untuk tahap ketiga di munggu ketiga bahan dipersiapkan dan proses pembuatan produk proyek. Dan untuk tahap terakhir menyusunan laporan penelitian.

Jadi para anggota KPR tidak hanya diberikan kompetensi untuk meneliti sebuah objek saja akan tetapi diajarkan untuk menyusun laporan untuk karya ilmiahnya. Meskipun proyek-proyek yang dilaksanakan masih sederhana. Akan tetapi harapan madrasah dengan kegiatan semacam ini mampu menambah wawasan sehingga siswa-siswi MA MH Troso Qowiyyul idrak kuat dan luas wawasannya.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Senin, 16 November 2015 13:38

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.