Masuk

MA MH Troso Gelar LKP Ke-1 Tahun 2015

Featured MA MH Troso Gelar LKP Ke-1 Tahun 2015

MAMHTROSO.COM – Gerakan Pramuka Gugus Depan 09.115 - 09.116 Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Ambalan Setia Budi dan Fatmawati hari ini adakan Lomba Ketrampilan Penegak (LKP) ke-1 Tahun 2015, Senin (23/11). Kegiatan ini diadakan sebagai salah satu media untuk menumbuhkan jiwa sportif, kreatif, dan inovatif masing-masing anggota yang setiap Hari Selasa siang mengikuti kegiatan intrakurikuler Pramuka. Dengan cara mengadakan kompetisi-kompetisi antar siswa seperti ini dimaksudkan juga untuk memotivasi siswa supaya lebih semangat dan berkembang dalam proses belajarnya.

Galeri Kegiatan - Klik di sini 

LKP Ke-1 yang semula direncanakan akan diadakan besok Selasa (24/11), pada jam pelajaran ke-7 dan ke-8. Akan tetapi karena menimbang siklus cuaca pada saat ini di wilayah Desa Troso Pecangaan Jepara pada siang hari selalu turun hujan, sehingga Kepala MA MH Troso memutuskan untuk mengadakan kegiatan ini pada Hari Senin pagi menggantikan kegiatan Shobah Farhah. “Supaya lebih meriah, sekaligus sebagai acara penutup kegiatan pramuka intrakurikuler di semester gasal ini, lebih pas dilaksanakan Hari Senin pagi saja, menggantikan jam Shobah Farhah”, ucap Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala MA MH Troso.

Acara yang dimulai pada pukul 07.30 WIB pagi tadi melombakan 5 macam mata lomba. Mulai dari lomba membuat miniatur tower, lomba membuat dragbar, lomba menaksir tinggi dan lebar, dan yang paling meriah adalah lomba yel. Ada sebanyak 17 kelompok pramuka yang bersaing, masing-masing kelompok terdiri dari 35 – 40 siswa.

Lomba miniatur tower, drag bar, dan yel serentak langsung dilaksanakan bersamaan di halaman madrasah dan teras-teras kelas. Sehingga ini membuat kesan ramai, hidup, dan meriah di MA MH Troso pagi tadi. Akan tetapi berbeda dengan lomba menaksir tinggi dan lebar. Lomba ini harus keluar dari Kampus MA MH Troso dan diadakan tersendiri di tanah lapang yang berjarak 100 meter dari Kampus MA MH Troso.

Lomba pertama adalah pioneering membuat miniatur tower. Setiap peserta yang berjumlah 3 orang harus menyelesaikan bangun yang dibuatnya selama 1 jam penuh. Setelah semua selesai Tri Bowo Krismawanto dan Dewi Setiana, S.Pd.I sebagai dewan juri di lomba tersebut langsung melaksanakan penilaian. Dan peraih Juara I dari kelompok 11, Juara II dari Kelompok 12, dan Juara III Kelompok 5.

Lomba pioneering drag bar. Setiap kelompok mengirimkan 3 perwakilannya dan langsung membuat tandu darurat atau drag bar dalam waktu 20 menit. Noor Arif dan Syaifur Rohman yang bertindak sebagai dewan juri pada lomba tersebut memberikan nilai tertinggi untuk Kelompok 10 sebagai Juara I, Kelompok 12 sebagai Juara II, dan Kelompok 5 sebagai Juara III.

Lomba menaksir tinggi, Juara I diraih oleh Kelompok 8, Juara II diraih oleh Kelompok 12, dan Juara III diraih oleh Kelompok 8. Lomba menaksir lebar, Juara I diraih oleh kelompok 6, Juara II diraih oleh Kelompok 17 dan Juara III diraih oleh Kelompok 16.

Lomba Yel menjadi pusat perhatian para peserta. Karena setiap kelompok kebanyakan sudah mempersiapkan kreasinya untuk menampilkan kombinasi teriakan, tepuk, dan nyanyiannya. Meskipun ada beberapa kelompok yang baru pagi tadi menyiapkan yel-yelnya, akan tetapi lomba ini masih tetap bisa berjalan dengan lancar. Dinilai oleh Karwadi, S.Ag, Andika Wisnu Saputra, S.Pd. dan Luthfi Karlina Wahyu, S.Pd, yaitu dewan guru dari MA MH Troso ini memunculkan sebagai Juara I Kelompok 5, Juara II Kelompok 10, dan Juara III Kelompok 4.

Penentuan Juara Umum pada LKP Ke-1 ini menggunakan sistem medali. Untuk Juara I setiap mata lomba mendapat poin 3, Juara II mendapat poin 2, dan Juara III mendapat poin 1. Seusai Panitia LKP Ke-1 Tahun 2015 melakukan penghitungan nilai berikut pengumuman kejuaraan dan penyerahan hadiah. Sebagai Juara Umum dan berhak membawa tropi bergilir LKP Ke-1 Tahun 2015 adalah Kelompok 5 yang dibimbing oleh Mohammad Asad, S.Pd.I.

Acara selesai pada pukul 10.30 WIB, siswa-siswi diberi waktu istirahat selama 15 menit dan langsung memulai proses belejar mengajar (PBM) sebagaimana hari-hari biasa. Meskipun menurut Panitia masih banyak kekurangan dalam kegiatan ini. Tetapi setidaknya ini bisa memunculkan kekompakan, kepedulian, dan kebersamaan masing-masing siswa di MA MH Troso.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 24 November 2015 13:24

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.