Masuk

Outbond Membuka Kegiatan Intrakurikuler Pramuka MA MH Troso di Semester Genap 2016

Featured Outbond Membuka Kegiatan Intrakurikuler Pramuka MA MH Troso di Semester Genap 2016

MAMHTROSO.COM – Outbond sebagai kegiatan yang mengawali kegiatan intrakurikuler pramuka di MA Matholi’ul Huda Troso. Kegiatan ini dilaksanakan hari ini setelah siswa-siswi masuk sekolah pertama kali mengikuti jam efektif Proses Belajar Mengajar (PBM), Selasa (5/1).

Kegiatan intrakurikuler pramuka adalah salah satu agenda MA Matholi’ul Huda Troso yang dilaksanakan setiap hari Selasa. Pada semester gasal kemarin kegiatan rutin ini dilaksanakan seminggu sekali pada jam pelajaran ke-7 dan ke-8. Tetapi pada semester genap ini kegiatan ini dilaksanakan dua minggu sekali bergantian dengan kegiatan intrakurikuler yang lain yaitu muhadlarah (seni berpidato). Hal ini disebabkan ada tambahan jam pelajaran untuk masing-masing kelas. Kelas XII dapat tambahan jam untuk mata pelajaran Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). Kelas X dan XI dapat tambahan jam untuk pelajaran Qur’an Hadits dan Bahasa Indonesia.

Kegiatan outbond yang diadakan Gerakan Pramuka MA Matholi’ul Huda Troso Gugus Depan 09.115 – 09.116 kali ini terbilang sederhana dan murah karena hanya memanfaatkan perlengkapan balon saja. Akan tetapi tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi siswa-siswi untuk menyelesaikan permaianan yang dikoordinatori oleh para Dewan Ambalan Setia Budi dan Fatmawati.

Ada sebanyak tiga jenis permainan. Yang pertama estafet back to back. Dengan meletakkan balon di punggung dua orang harus berjalan beriringan dengan menahan supaya balon tidak jatuh. Setelah berhasil melewati rute yang ditentukan orang ketiga juga membawa balon dan menyambung di belakang dua orang sebelumnya.

Permainan kedua, balon vs bolpoin. Setiap sangga membentuk barisan berpasang-pasangan, dan setiap siswa membawa bolpoin. Masing-masing pasangan menyundul balon ke atas dengan bolpoin secara bergantian. Sampai pada ujung rute balon harus dimasukkan ke kranjang atau ember yang tersedia.

Permainan ketiga, pecah balon. Setiap sangga diwakili oleh satu atau dua orang yang kaki sebelah kanannya ditali dengan satu balon. Dengan cara duel antar dua sangga, mereka berlomba untuk saling memecahkan balon. Disamping melakukan devend sekaligus juga harus melakukan attack dengan cara menginjak.

Banyak kemeriahan yang terjadi siang ini di outbond kepramukaan MA Matholi’ul Huda Troso. Meskipun baru hari pertama kali masuk sekolah efektif PBM tetapi Gugus Depan 09.115 – 09.116 dan para dewan ambalan berhasil melaksanakan kegiatan kepramukaan yang cukup efesien dan efektif untuk menumbuhkan semangat baru pada semester genap ini.

Lihat galeri kegiatannya - klik di sini

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 05 Januari 2016 15:28

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.