Masuk

Shobah Farhah – Membiasakan Bicara Bahasa Asing Siswa MA MH Troso Ikuti Arabic And English Club

Featured Shobah Farhah – Membiasakan Bicara Bahasa Asing Siswa MA MH Troso Ikuti Arabic And English Club

MAMHTROSO.COM – Kembali adakan 26 kegiatan pengembangan diri, siswa-siswi MA MH Troso ikuti Shobah Farhah (1/2/2016) pagi ini. Dari 26 kegiatan tersebut sebagian besar diadakan di kampus Matholi’ul Huda Troso. Dilaksanakan setiap hari senin pagi mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 09.30 WIB.

Dari sekian banyak kegiatan yang dilaksanakan kali ini tim MAMHTROSO.COM akan mengupas salah satu kegiatan pengembangan bahasa asing. Kelompok ini mempunyai nama English And Arabic Club. Sesuai dengan namanya komunitas siswa yang beranggota 26 siswa mengembangkan kemampuan bahasa inggris dan bahasa arab.

Mohamad Asad, S.Pd.I. sebagai guru pembimbingnya selalu mengajak berdoa dan juga memberikan motivasi-motivasi sebelum dimulainya kegiatan pengembangan bahasa ini. Beliau adalah salah satu guru yang lulus dari Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo yang memang sudah terkenal dengan pendidikan 2 bahasanya. Selain mengampu bahasa Arab di MA Matholi’ul Huda Troso, beliau juga mahir dalam bahasa inggris.

Setiap pertemuan tatap muka dengan siswa yang mengikuti English And Arabic Club ini, Asad selalu memberikan minimal 5 kosa kata yang sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan pengatar bahasa inggris, siswa melalukan translate secara listening dan memberikan tanggapan-tanggapan dengan menggunakan bahasa inggris juga. Banyak siswa yang memang masih terlihat binggung, akan tetapi ada beberapa siswa yang sudah terbiasa dengan hal tersebut.

 “Anak-anak kita ini memang masih lemah dalam bahasa, makanya dalam kegiatan ini saya terapkan penekanan pada pronunciation dan memperbanyak kosa kata dulu, dari satu kata kita kembangkan dan kita rangkai menjadi sebuah kalimat, tanpa harus ditulis, tapi langsung diucapkan. Saya ingin mereka berfikir cepat dan tidak malu-malu lagi untuk belajar bahasa internasional ini”, ungkap Asad usai kegiatan.

Atika Nuris Anmasia Tika, Salah satu siswa dari Kelas XII IPS-2 ini mengikuti English And Arabic Club yang dilaksanakan rutin setiap minggu. Dia mengungkapkan bahwa sangat senang sekali ikut kelompok bahasa yang menguji ketrampilan bahasa inggris dan arab. Karena menurutnya, salah satu alasan siswa yang berasal dari Desa Karang Pandan Kecamatan Welahan ini sekolah di MA Matholi’ul Huda Troso karena selain lingkungan teman yang baik dan juga kegiatan ilmu pengembangan dirinya banyak.

Meskipun masih banyak yang perlu dikembangkan, harapan Drs. H. Nur Kholis Syam’un Kepala MA Matholi’ul Huda Troso ini adalah sebagai langkah awal untuk menyalurkan minat siswa, serta mengembangkan kemampuan siswa di banyak bidang.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Senin, 01 Februari 2016 12:47

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.