Masuk

Kelompok Kajian Kitab Kuning (K4) Adakan Imtihan Semester Pertama Tahun 2016

Featured Kelompok Kajian Kitab Kuning (K4) Adakan Imtihan Semester Pertama Tahun 2016

MAMHTROSO.COM – Kelompok Kajian Kitab Kuning (K4) adalah salah satu program dari MA Matholi’ul Huda Troso yang diasuh langsung oleh Kepala Madrasahnya, Drs. H. Nur Kholis Syam’un. K4 ini sudah dimulai sejak tahun kemarin. Tahun ini masuk tahun ke-2 dan siswa yang mengikutinya terbagi menjadi 2 kelas. Kelas 1 ada sebanyak 24 siswa, kelas 2 sebanyak 36 siswa.

Siswa yang mengikuti Kelompok Kajian Kitab Kuning ini adalah siswa yang memang ingin memperdalam ilmu-ilmu agama dari kitab-kitab salaf (kitab kuning). Tentunya mereka adalah siswa yang sudah memiliki dasar dari madrasah diniyyah awaliyah dan wustho. Untuk mengikuti kelompok ini siswa tidak dipungut biaya apapun kecuali untuk biaya pembelian kitab-kitab yang dikaji.

K4 dilaksanakan pada Hari Senin, Selasa, dan Rabu mulai pukul 14.00 WIB atau setelah pulang sekolah sampai pukul 15.15 WIB bertempat di Kelas XI IPS-2 dan XI IPS-3 MA Matholi’ul Huda Troso. Ada sebanyak 7 kitab yang dikaji yang diampu oleh 3 ustad. Drs. H. Nur Kholis Syam’un langsung bertindak sebagai pengampu 3 kitab yaitu Al Jurumiyyah, Bidayatul Hidayah, dan An-Nashoih Ad-Diniyyah. Kemudian Noor Ubaidillah, S.Pd.I. mengampu 2 kitab yaitu Risalatul Muawanah dan Kifayatul Awam. Sementara Ismail, S.Pd.I. juga mengampu 3 kitab yaitu Mukhtarul Ahadits, Tanqihul Qoul, dan Al-Arbain An-Nawawiyah.

Selain dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB selama tiga hari berturut-turut, K4 juga termasuk salah satu rangkaian kegiatan dari Shobah Farhah (Morning Fun) yang dilaksanakan setiap Senin pagi. Siswa yang mengikuti K4 dalam sesi ini lebih banyak lagi yaitu sekitar 70-an siswa. Karena siswa K4 sore hari wajib mengikuti K4 di Shobah Farhah ditambah siswa-siswi yang berminat lainnya. Kitab yang dikaji-pun berbeda yaitu Kitab Washoya Al-Abai Lil-Abna dan Kitab Taisirul Khollaq yang diampu langsung oleh Drs. H. Nur Kholis Syam'un.

Pada sore ini K4 mengadakan imtihan atau evaluasi untuk semester pertama. Imtihan ini dilaksanakan mulai Sabtu ini (13/2/2016) selama tiga hari yaitu sampai Senin (15/2/2016) pada pukul 14.00 WIB. Sementara untuk K4 yang tergabung dalam Shobah Farhah mengikuti imtihan bersamaan Class Meeting Semester Gasal kemarin. Dan nilainya sudah dimasukkan dalam raport utama hasil belajar siswa. Imtihan ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengkaji kitab-kitab yang sudah dipelajari.

Selama 3 hari kedepan kelas 1 K4 akan mengerjakan 2 jenis soal setiap harinya. Untuk hari ini ada 5 soal uraian dari kitab Risalatul Muawanah dan 5 soal dari kitab Kifayatul Awam. Besok hari Ahad juga akan mengerjakan soal-soal dari 2 kitab Al Jurumiyyah dan Bidayatul Hidayah. Hari terakhir Senin yaitu masing-masing 5 soal dari kitab Al-Arbain An-Nawawiyah dan Tanqihul Qoul.

Untuk Kelas 2 ada sebanyak 7 kitab yang diujikan. Setiap hari siswa kelas 2 akan mengerjakan 2 jenis soal. Hari ini yaitu soal-soal dari kitab Mukhtarul Ahadits dan Tanqihul Qoul. Besok hari Ahad dari kitab Risalatul Muawanah dan Attaqrib. Sementara hari Senin ada kitab yang diujikan yaitu Al-Jurumiyyah, Bidayatul Hidayah dan An-Nashoih As-Diniyyah.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 13 Februari 2016 15:47

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.