Masuk

Morning Briefing – Sadarkan Dirimu dengan Cita-citamu

Featured Morning Briefing – Sadarkan Dirimu dengan Cita-citamu

MAMHTROSO.COM – Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Matholi’ul Huda Troso kembali adakan morning briefing, Sabtu (27/2/2016) pagi ini. Morning Briefing  atau apel pagi ini adalah salah satu agenda yang dimiliki lembaga pendidikan Islam yang berada di Desa Troso Pecangaan Jepara ini. Morning Briefing ini dilaksanakan secara kondisional. Selain untuk memberikan informasi kepada seluruh civitas akademika MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso, juga digunakan sebagai media oleh Kepala Madrasah untuk memberikan motivasi dan himbauan secara persuasif untuk membangun karakter siswa-siswinya.

Setelah bel dibunyikan pada pukul 06.50 WIB, sebanyak 1.300-an siswa langsung berkumpul dan duduk rapi di halaman madrasah. Mereka bersiap mendengarkan ceramah dan informasi yang disampaikan oleh Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un.

Syabaabun bilaa ahlaamin robii'un bilaa zuhuurin, pemuda tanpa cita-cita bagaikan musim semi tanpa bunga”, kalimat pembuka Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah pada awal briefing morning pagi tadi di halaman kampus Matholi’ul Huda Troso.

Beliau mengingatkan supaya siswa-siswi harus punya cita-cita yang tinggi dalam kehidupannya. Karena dengan cita-cita yang tinggi akan mengarahkan dan menggerakkan keseriusan dalam belajar siswa di madrasah. Hal ini disampaikan karena memang banyak siswa yang sekarang ini orientasinya setelah lulus MTs. atau MA langsung bisa bekerja. Sehingga dalam proses belajarnya di sekolah tidak terlalu serius dan seperti tidak punya niat untuk mendapat sesuatu yang lebih ketika bersekolah.

Jika setiap siswa punya cita-cita yang tinggi, menurutnya siswa tersebut akan terlihat serius di dalam kelasnya. Memperhatikan gurunya, mengerjakan semua tugasnya, dan selalu menghormati guru-gurunya. Berbeda dengan siswa yang tidak punya cita-cita pasti hanya sekedarnya saja mengikuti pelajaran di kelasnya, dan tidak jarang siswa tersebut akan melalaikan tugas-tugasnya.

Innassyabaaba wal faraagha wal jidata mafsadatun aiyya mafsadatin, pemuda yang punya banyak waktu luang dan kaya maka itu pada hakikatnya akan menghancurkannya”, tambahnya.

Usai memberikan motivasi, Drs. H. Nur Kholis Syam’un mengumumkan bahwa Variety Show akan di gelar Hari Senin besok (29/2/2016) di Halaman MTs. Matholi’ul Huda Troso. Variety Show ini adalah salah satu agenda madrasah yang dilaksanakan setahun dua kali. Tradisi positif ini terus dikembangkan oleh pihak madrasah untuk memberikan media kepada siswa-siswinya mengekspresikan bakatnya dalam bidang seni. Akan ada tampilan dari 9 Kelas dari MA MH Troso, 2 tampilan dari MTs. MH Troso, 18 stand/bazar makanan dan minuman, musik band 10 lagu pop dari band legendaris Indonesia seperti Ahmad Albar Godbless, Iwan Fals, Slank, dan dua lagu nasidah ria.

Kemuadian beliau memberikan informasi kepada siswa-siswi Kelas XII, bahwa UM dan UAMBN akan mulai dilaksanakan pada Sabtu depan (5/3/2016). Siswa Kelas XII diharapkan benar-benar mempersiapkan diri karena mata pelajaran yang diujikan sudah dibuatkan kisi-kisi oleh masing-masing guru pengampu, siswa tinggal membaca dan mempelajarinya.

Terakhir beliau mengajak siswa-siswi berdoa bersama supaya segala macam urusan, baik dari keluarga dan guru selalu diberikan kemudahan oleh Allah. Ditutup dengan pembacaan surat Al Fatihah tiga kali.

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 17 November 2016 09:18

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.