Masuk

Outbound Sederhana - Keceriaan Anggota Pramuka MA MH Troso

Featured Outbound Sederhana - Keceriaan Anggota Pramuka MA MH Troso

MAMHTROSO.COM- Gerakan Pramuka Ambalan Setia Budi dan Fatmawati Gugus Depan 09.115 – 09.116 MA Mahtoli’ul Huda Troso kembali gelar intrakurikuler Pramuka, Selasa (1/3/2016). Berbeda dengan minggu-minggu sebelumnya kegiatan kepramukaan diisi dengan materi-materi teknik pramuka (tekpram) diantaranya adalah Teori PP (pertolongan pertama) dan Sandi. Akan tetapi siang ini para anggota pramuka MA MH Troso bersorak ramai karena sedang asik melakoni kegiatan outbound.

Sesuai dengan kurikulum kepramukaan di MA MH Troso bahwa setiap bulan akan selalu adakan kegiatan-kegiatan yang variatif. Mulai dari materi teknik kepramukaan (tekpram), tata cara baris-berbaris, dan outbound. Ini dirancang untuk membuat siswa-siswinya tidak merasakan kebosanan, dan mengikuti kegiatan kepramukaan dengan semangat.

Meskipun pada cuaca hujan, tetapi para dewan Ambalan tetap bisa melaksanakan agendanya ini. Yaitu dengan memodifikasi kegiatan yang bersifat game ini selain bisa dilaksanakan di luar kelas juga bisa dilaksanakan di dalam kelas sekalipun.

Sebelum kegiatan dimulai pada pukul 11.50 WIB, para dewan Ambalan melakukan briefing terlebih dahulu untuk mempersiapkan perlengkapan dan hal-hal yang lainnya. Outbound kali ini menggunakan alat yang sederhana, diantaranya adalah sedotan, gelas plastik, balon, dan biscuit. Setelah dewan Ambalan siap dengan semua perlengkapannya langsung menuju ke kelompok masing-masing. Ada sebanyak 17 kelompok/kelas yang setiap kelompoknya berisi 35 – 40 siswa.

Outbound kali ini ada 3 jenis yaitu Sedot Air, Gelas Jatuh, dan Makan Biskuit.

Pertama, Sedot Air. Setiap kelompok mengirimkan 5 siswa anggotanya. Masing-masing siswa diberikan satu sedotan. Ada dua sisi berbeda yang digunakan untuk jalur permainan ini. Sisi pertama terdapat baskom yang berisi air. Sementara sisi yang lain disediakan 5 gelas plastik. Setelah permainan dimulai maka setiap anggota harus menyedot air dengan sedotannya tersebut dari sisi pertama. Kemudian berlari ke sisi lainnya untuk menuangkan air yang sudah disedot ke dalam gelas plastik yang tersedia. Kelompok yang menang adalah kelompok yang paling cepat mengisi gelas plastik dengan air sampai penuh.

Kedua, Gelas Jatuh. Setiap kelompok disediakan 5 gelas plastik yang ditata rapi di atas meja. Satu siswa membawa balon yang harus ditiup. Balon yang sudah menggelembung dengan angin dihembuskan ke gelas plastik sampai terjatuh. Secara bergiliran hingga semua gelas plastik yang ada di atas meja jatuh semua.

Ketiga, Makan Biskuit. Setiap kelompok adu cepat memasukkan biskuit yang ditaruh di atas dahi ke dalam mulut. Tanpa menggunakan tangan, biskuit yang di atas dahi harus diarahkan ke mulut dengan menggerak-gerakkan kepala, pipi, dan mulut.

 

(Syah)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.