Masuk

Intrakurikuler Pramuka – MA MH Troso Bekali Siswa Selamatkan Nyawa Korban Kecelakaan

Featured Intrakurikuler Pramuka – MA MH Troso Bekali Siswa Selamatkan Nyawa Korban Kecelakaan

MAMHTROSO.COM – Selasa (22/3), Gerakan Pramuka Gugus Depan 09.115 – 09.116 MA Matholi’ul Huda Troso dengan Ambalan Setia Budi dan Fatmawati hari ini adakan latihan rutin sebagaimana biasanya. Dimulai pada pukul 11.50 WIB siswa-siswi diajarkan materi pertolongan pertama fokus pada penanganan luka.

Dewan Ambalan sebagai fasilitator sebelumnya sudah latihan dan melakukan simulasi untuk memberikan materi penanganan luka ini. Ada 16 jenis luka beserta langkah-langkah penanganan yang benar. Mulai dari luka paling sederhana sampai luka terparah. Seperti lecet, memar, pingsan, syok, luka bakar, luka tertusuk, perdarahan, patah tulang (fraktur), sampai organ tubuh putus.

Dengan materi yang banyak sementara waktu efektif latihan hanya 60 menit, para Dewan Ambalan akhirnya hanya fokus pada praktik pembidaian pada patah tulang. Sementara untuk penanganan-penangan luka lainnya disampaikan secara teori. Meskipun begitu, harapan gugus depan dengan materi tentang penanganan luka ini sedikit banyak membekali siswa agar punya pengetahuan, tidak canggung menolong teman yang mungkin mengalami kecelakaan, dan yang penting tidak malah memperparah korban karena salah cara penanganan luka.

Salah satu materi pertolongan pertama ini dirasa sangat penting untuk membekali siswa-siswi supaya punya ketrampilan tambahan. Selain bisa mengurangi resiko cidera baru karena salah penanganan luka pada kecelakaan, siswa-siswi yang bisa mengaplikasikan ketrampilan pertolongan pertama ini juga dapat mengurangi resiko kematian pada korban kecelakaan. Baik korban kasus trauma maupun kasus medis.

Di akhir latihan hari ini Guru Pembimbing melakukan ploting siswa-siswinya dalam kegiatan Lomba Karya Penegak (LKP) Ke-2. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan Mei 2016.

 

(Syah)

 

Terakhir diperbarui pada Selasa, 22 Maret 2016 18:19

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.