Masuk

Intrakurikuler Pramuka - Latihan Bersama Persiapkan LKP Ke-2

Featured Intrakurikuler Pramuka - Latihan Bersama Persiapkan LKP Ke-2

MAMHTROSO.COM – Ambalan Setia Budi dan Fatmawati Gugus Depan 09.115-09.116 MA Matholi’ul Huda Troso adakan latihan bersama jelang Lomba Karya Penegak (LKP) Ke-2, Selasa (29/3/2016) Siang ini. Berbeda dengan agenda-agenda sebelumnya, latihan dilukakan secara mandiri masing-masing kelompok. Kali ini 17 kelompok latihan secara serempak sesuai dengan ploting lomba yang dibagi oleh masing-masing pembimbing.

Latihan baris-berbaris dilakukan di halaman madrasah dengan menggunakan acuan draf gerakan yang sudah diberikan oleh panitia. Latihan senam sajojo dilakukan di Hall Muslimat NU. Latihan Pertolongan Pertama (PP) dilakukan di Aula Madrasah. Latihan cerkas, sandi, dan jurnalis dilakukan di kelas-kelas oleh para dewan ambalan.

Sebelum latihan dimulai para dewan ambalan sebagai panitia sekaligus fasilitator menjelaskan teknis setiap lomba di LKP Ke-2. Kemudian setelah itu mengadakan latihan bersama dengan memberikan penjelasan-penjelasan terkait materi lomba.

Muhammad Abdul Rozaq (XII IPA-2), salah satu fasilitator senam sajojo. Memberikan contoh gerakan senam sajojo satu persatu dari total ada enam gerakan. Untuk latihan serempak pertama kali ini Rozaq merasa kesulitan karena jumlah peserta yang banyak dan rata-rata belum mengetahui sama sekali gerakan senam sajojo ini. Senam sajojo dan poco-poco sebenarnya adalah senam asal tanah papua yang terkenal bagi anak pramuka sebelum adanya senam pramuka. Kini gugus depan 09.115 - 09.116 ingin memperkenalkan satu kekayaan budaya dari Indonesia timur yang salah satunya berwujud tarian atau senam.

Masfufah (XII IPA-1), salah satu fasilitator lomba sandi. Pada latihan kali ini dia mengajak para peserta untuk mempelajari jenis-jenis sandi dan cara penyelesaiannya sesuai dengan buku panduan yang diberikan. Yaitu modul materi kepramukaan yang disusun oleh Kakak Drs. Suhadi Hadi Siswoyo, salah satu anggota kwartir daerah Jawa Tengah pada bidang pembinaan anggota muda.

Liya Sinta (XII IPA-2), sebagai koordinator lomba cerkas. Siang ini mengadakan briefing terhadap peserta-peserta yang mengikuti lomba cerkas. Menyampaikan teknis lomba serta materi-materi yang nanti akan dilombakan. Lomba cerkas pada LKP ke-2 nantinya akan menguji pengetahuan kepramukaan 70 % dan pengetahuan umum 30 %.

Selain tiga lomba di atas, jenis mata lomba lainnya juga mengadakan latihan bersama secara serempak. Yaitu lomba Pertolongan Pertama (penanganan) dan evakuasi, lomba baris-berbaris, dan lomba jurnalisme.

Latihan pada siang ini sebagaimana biasanya dimulai pada pukul 11.50 sampai 13.15 WIB. Terbatasnya waktu latihan ini sehingga para dewan ambalan belum bisa memberikan materi secara keseluruhan. Rencana setelah berlangsungnya Ujian Nasional (UN) untuk Kelas 12 yaitu pada tanggal 4 – 6 April 2016, kegiatan intrakurikuler kepramukaan ini akan diberi tambahan waktu latihan. Biasanya hanya dilaksanakan pada hari Selasa siang, ditambah hari Senin siang sebagai ganti dari kegiatan Shobah Farhah yang senin kemarin dilaksanakan terakhir kalinya untuk semester genap ini.

“Kalau memang butuh tambahan waktu latihan untuk persiapan lomba LKP ini, supaya kegiatannya betul-betul berkualitas, hari Senin shobah farhah diganti saja dengan intrakurikuler pramuka”, ungkap Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala MA Matholi’ul Huda Troso.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 29 Maret 2016 14:55

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.