Masuk

Siswa MA MH Troso Juara Pertama LKTI se-Jawa Tengah dan Juara Ketiga Story Telling

Featured Siswa MA MH Troso Juara Pertama LKTI se-Jawa Tengah dan Juara Ketiga Story Telling

MAMHTROSO.COM –Tim dari MA Matholi’ul Huda Troso kembali meraih prestasi di tingkat daerah. Prestasi kali ini diraih dari ajang Story Telling dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) se-Jawa Tengah yang diadakan oleh BEM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus, Jum’at (29/4/2016).

Kegiatan yang bertema “Kretek tentang Warisan Budaya Indonesia” diikuti oleh 16 tim pada lomba LKTI dari sejumlah SMA dan sederajatnya se-Jawa Tengah yang telah lolos proses seleksi naskah sebanyak 5 peserta.

Tim MA MH Troso yang beranggotakan Lutviani (XI IPA-1) dan Firda Aricha Silvi (XI IPA-1) pada tim LKTI. Pada lomba Story Telling diwakili oleh Siska Noviana Dewi (XI IPA-2) dan Eri Susilowati (XI IPA-2). Dari dua kejuaraan ini tim Story Telling meraih juara ke-3 dan tim LKTI berhasil menyabet juara pertama lewat penyajian karya tulis berjudul “Mengenal Sejarah Warisan Budaya Kretek Tradisional sebagai Salah Satu Media Tumbuhkan Sikap Patriotisme Bangsa Indonesia Studi Kasus di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus 2016”.

Siska dan Eri yang semestinya menargetkan juara pertama pada lomba Story Tellingnya. Setelah melakukan performance bahkan para dewan juri sempat memuji dari intonasi dan pronunciation mereka berdua yang jelas. Akan tetapi para juri lebih suka dengan peserta yang konsep tampilannya menggunakan semi teatrikal. Meskipun hanya mendapat juara ke-3 Siska dan Eri bersyukur bisa berprestasi dan membanggakan nama madrasahnya.

Semestara untuk LKTI yang diikuti oleh Firda dan Lutviani membuahkan hasil yang memuaskan, yaitu dapat meraih juara pertama. Dalam paparannya, kedua siswa kelas XI IPA tersebut menjelaskan warisan budaya Indonesia yang sangat banyak akan tetapi para generasi mudanya rata-rata belum mengenalnya. Tetapi para remaja Indonesia lebih mengenal warisan budaya asing, seperti valentine, komunitas punk, k-pop, dll. Dalam penelitian mereka, jika para remaja di Indonesia itu mengenal warisan budayanya sendiri salah satunya warisan budaya kretek di Kudus, maka dengan sendirinya akan tumbuh rasa cinta tanah air. Yang implikasinya tercipta generasi yang taat tata tertib, tidak merusak fasilitas umum, melestarikan budaya bangsa, cinta produk dalam negeri, dll.

Untuk juara ke-2 LKTI diraih oleh SMAN 1 Kudus dan juara ke-3 LKTI diraih oleh SMA PGRI Kudus. Sementara untuk juara pertama Story Telling adalah SMKN 3 Pati dan juara ke-2 diraih oleh SMKN 1 Pati.  

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 30 April 2016 12:26

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.