Masuk

MA MH Troso : Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) 2016 Ujikan 18 Mapel

Featured MA MH Troso : Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) 2016 Ujikan 18 Mapel

MAMHTROSO.COM – Menjelang akhir tahun pelajaran 2015-2016, MA Matholi’ul Huda Troso menggelar Ulangan Kenaikan Kelas (UKK). Ujian yang diperuntukkan bagi siswa kelas X dan XI itu dimulai hari ini, Senin (23/5/2016), dan direncanakan berakhir pada Rabu (01/6/2016) mendatang.

Sesuai namanya, UKK dimaksudkan sebagai salah satu bahan evaluasi untuk mengukur layak tidaknya siswa kelas X dan XI melanjutkan pendidikan ke jenjang kelas yang lebih tinggi. Hasil UKK nantinya akan diakumulasi dengan nilai-nilai hasil ulangan harian dan praktik yang akan menghasilkan nilai rapor. Untuk bisa dianggap “naik kelas”, siswa setidaknya bisa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan madrasah, yakni sebesar 75 untuk setiap mata pelajaran.

Menurut Andika Wisnu Saputra, S.Pd., Ketua Panitia UKK, ada sebanyak 12 ruang pada UKK kali ini. Total siswa yang mengikuti UKK sebanyak 418 orang, 233 dari kelas X, 98 dari kelas XI IPA, dan 97 dari kelas XI IPS.

Materi yang diujikan dalam UKK tahun ini sebanyak 18 mata pelajaran untuk siswa kelas X. 18 mapel tersebut adalah Bahasa Indonesia, sejarah, bahasa inggris, akidah akhlak, matematika, SKI, biologi, fikih, ekonomi, qur’an hadits, bahasa arab, kimia, PKn, TIK, fisika, sosiologi, geografi, dan penjaskes. Sementara untuk siswa kelas XI program IPA ada 17 mata pelajaran yang diujikan. Diantaranya adalah bahasa Indonesia, sejarah, bahasa inggris, akidah akhlak, matematika, SKI, biologi, fikih, fisika, penjaskes, bahasa arab, PKn, Kimia, TIK, qur’an hadits, ke-NU-an, ketrampilan grafis. Siswa kelas XI program IPS sama dengan program IPA hanya saja 3 mapel penjurusan IPA yaitu biologi, fisika, kimia, diganti dengan 3 mapel penjurusan IPS yaitu sosiologi, geografi, dan ekonomi.

Hampir seluruh paket soal yang digunakan dalam UKK kali ini masih didatangkan dari Kelompok Kerja Madrasah (KKMA) 1 Jepara. Akan tetapi ada beberapa soal dari mapel muatan lokal yang harus dipersiapkan oleh guru mapel untuk diujikan pada UKK. Yaitu penjaskes, TIK, ke-Nu-an dan desain grafis.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Senin, 23 Mei 2016 11:52

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.