Masuk

Morning Briefing : Kepala MA MH Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un – Change, We Believe In

Featured Morning Briefing : Kepala MA MH Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un – Change, We Believe In

MAMHTROSO.COM – Usai melaksanakan serangkaian kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) MA Matholi’ul Huda Troso adakan morning briefing pagi ini, Sabtu (23/7/2016).

Morning Briefing adalah salah satu jenis agenda madrasah yang bersifat kondisional dilaksanakan pada pagi hari sebelum proses belajar belajar (PBM). Tujuannya adalah Kepala Madrasah menyampaikan informasi dan motivasi secara persuasif kepada seluruh civitas akademika MA – MTs. Matholi’ul Huda Troso.

Change, we believe in. Change, we believe in”, slogan yang pernah dipopulerkan oleh calon presiden Amerika Serikat, Barach Obama pada tahun 2008 sengaja diambil oleh  Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala MA MH Troso, dan ditirukan oleh 1.300-an siswa yang memenuhi halaman madrasah.

Sesuai dengan slogan tersebut Drs. H. Nur Kholis Syam’un mengajak siswa-siswi MA MH Troso untuk melakukan perubahan. Tentu saja perubahan menjadi lebih baik. Perubahan mental siswa untuk membiasakan bergerak cepat dan tanggap di masyarakat. Karena menurutnya siswa tidak hanya harus pintar di kelas, tetapi harus pintar di masyarakat.

Salah satu kegiatan untuk memperkuat mental siswa, MA Matholi’ul Huda Troso menerapkan Mata Pelajaran Muhadlarah dari awal berdirinya madrasah 13 tahun yang lalu. Ketika siswa pertama kali maju bertugas sebagai orator dan harus menyampaikan materi di depan teman-temannya masih merasa ketakutan maka ketakutan tersebut harus dilawan tidak malah lari dari ketakutan tersebut. Karena dengan proses tersebutlah proses pembentukan mental bisa terwujud. 

To be better than before is a must, but don't feel better than others”, slogan kedua beliau. Untuk menuju perubahan setiap siswa harus menjadi lebih baik, tidak malah merasa yang terbaik. Selain itu juga siswa MA MH Troso harus memiliki pemikiran yang besar. Akan tetapi beliau juga mengingatkan bahwa sesuatu yang besar itu bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. “Think globally, start locally, act now. Think big, start small, act now”, imbuhnya.

Informasi Kemadrasahan :

PUB (pekan ulangan bersama) adalah salah satu jenis ulangan harian yang diadakan secara bersama dan dikoordinir oleh madrasah. Di MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso sudah lama tidak mengadakan Ulangan Mid Semester, namun menggantinya dengan PUB. Ini adalah sistem evaluasi pembelajaran siswa yang dirasa lebih baik karena guru setiap pertemuan PBM harus memberikan bank soal. Dan dari sekian banyak bank soal tersebutlah nanti akan dikeluarkan sebagian sebagai soal PUB. Minimal setiap semester akan dilaksanakan 2 kali PUB. Pada semester ini rencanya akan diadakan pada pertengahan bulan September dan akhir November 2016.

Shobah Farhah/Morning Fun (Pagi Menyenangkan), adalah salah satu agenda rutin setiap Senin pagi yang berisi banyak kegiatan keolah-ragaan, keterampilan, dan keilmuan. Ada sebanyak 26 kegiatan yang dilaksanakan dan sudah berjalan selama 2 semester tahun pelajaran kemarin. Dan rencananya akan segera dimulai pada Senin depan (1/8/2016).

Lomba kelas juga merupakan agenda rutin madrasah yang dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran. Pada ajang ini siswa berlomba-lomba menghias kelasnya dengan kreasi masing-masing untuk meraih predikat juara lomba dekorasi kelas Tahun Pelajaran 2016-2017. Untuk tahun ini pihak madrasah akan melakukan penilaian utama lebih kepada grafiti. Grafiti adalah coretan-coretan atau gambar pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Penilaian akan dilakukan pada awal September 2016.  

Budaya infaq 3 hari semingu, seribu-seribu rupiah. Ini bertujuan untuk melatih siswa beramal dan bershodaqoh. Hasil dari uang infaq inilah yang digunakan untuk mengembangkan fasilitas dan infrastruktur madrasah.   

Tayangan inspiratif, merupakan satu program madrasah yang sudah dilaksanakan pada awal tahun pelajaran kemarin. Dan pada tahun pelajaran baru ini akan segera diadakan kembali. Tayangan inspiratif ini bertujuan untuk memompa motivasi dan semangat siswa dalam kehidupan masing-masing siswa.  

Pembelian fasilitas-fasilitas untuk menunjang perkembangan madrasah. 3 ruang laboratorium komputer masih kurang untuk menampung 18 kelas MA dan 16 kelas MTs. setiap minggunya. Rencananya akan dibuat tambahan laboratorium komputer untuk menunjang mata pelajaran TIK dan desain grafis.

Kutaib, adalah buku panduan ritual bagi siswa-siswi MA – MTs. Matholi’ul Huda Troso. Kutaib berisi surat-surat pendek, bacaan tahlil, sholawat nariyah, istighosah, tasrifan, regular and irregular verb conjugation, dan banyak lainnya. Kutaib ini harus dibawa setiap hari agar siswa lebih khidmat dalam mengikuti ritual-ritual kemadrasahan.

OSIS harus lebih aktif mengadakan kegiatan lomba tidak hanya pada hari besar saja akan tetapi lomba yang sifatnya aplikatif yang diambil dari pelajaran TIK dan Desain Grafis. Selain itu juga OSIS harus lebih aktif menggerakkan siswa MA Matholi’ul Huda Troso untuk berkarya mengisi kolom siswa pada website resmi www.mamhtroso.com. Untuk mengetahui dinamika madrasah para guru TIK atau Desain Grafis diharapkan untuk membuka website resmi MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso pada awal atau akhir pelajaran.

Pada tahun pelajaran ini Kepala Madrasah ingin menciptakan perubahan kedisiplinan siswa. Karena pada tahun-tahun sebelumnya banyak siswa yang terlihat berjalan santai meskipun bel masuk kelas sudah dibunyikan. Maka mulai pagi ini pintu gerbang jalan masuk keluarnya siswa akan dikunci setelah 5 menit bel dibunyikan.  Tindakan ini supaya siswa akan terbiasa bergerak cepat dalam semua hal yang dikerjakan.

Agenda madrasah yang baru diadakan pada tahun ini adalah membudayakan membaca buku. Buku yang dimaksud bukanlah buku pelajaran, akan tetapi buku wawasan yang bersifat umum. Agenda budaya baca buku ini akan dilaksanakan setiap hari Senin pagi. Yaitu setelah Albarzanji atau sebelum kegiatan shobah farhah dimulai. Seluruh siswa wajib membawa buku bacaan, dan dibaca selama 15 menit.

Terakhir Drs. H. Nur Kholis Syam’un mengajak siswa-siswi untuk berdoa bersama. Mendoakan orang tua, para guru dan semuanya agar diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Doa ini juga menjadi penutup Morning Briefing kali ini.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 17 November 2016 09:26

10 komentar

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.