Masuk

MA MH Troso Tampil Memukau di Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-55 Kwartir Cabang Jepara

Featured MA MH Troso Tampil Memukau di Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-55 Kwartir Cabang Jepara

MAMHTROSO.COM – Pada peringatan hari pramuka ke-55 tahun ini, anggota gerakan pramuka MA Matholi’ul Huda Troso menjadi petugas upacara se-Kwartir Cabang Jepara, pagi tadi (14/8/2016). Dilaksanakan di Kwartir Ranting Pecangaan, yaitu di lapangan SDN 3 Krasak, Jepara. Ketua harian Mabicab Kabupaten Jepara, Dr. Soebroto, S.E., M.M. bertindak sebagai inspektur upacara memimpin langsung upacara tersebut.

Lihat galeri kegiatannya - klik di sini

Sebelum upacara peringatan Hari Pramuka ke-55 dimulai terlebih dahulu ditampilkan tim marching band dari siswa-siswi SD Negeri 01-04 Pecangaan dan Polisi Cilik (Pocil) dari siswa-siswi MI Matholi’ul Huda 01 Troso. Seluruh peserta upacara sampai takjub dan bertepuk tangan ketika melihat aksi-aksi anak-anak tersebut. Dan hingga pukul 08.30 WIB seluruh demonstrasi selesai, Firda Aricha Silvi (XII IPA-2) yang bertindak sebagai pembawa acara langsung memulai upacara peringatan Hari Pramuka ke-55 pagi tadi.

Pada upacara kali ini, MA Matholi’ul Huda Troso yang dipercaya menjadi petugas pengibar bendera mengirimkan anggotanya sebanyak 32 orang. Yaitu 8 orang pasukan utama pengibar bendera, 14 orang pasukan pengapit, 5 orang komandan kompi, 1 orang pengucap Pembukaan UUD 1945, 1 orang pengucap Pancasila, 1 orang pengucap Dasa Dharma, 1 orang pengucap Dwi Dharma, 1 pemimpin upacara, dan 1 pembawa acara. Mereka adalah pengurus dan anggota Ambalan Setia Budi Fatmawati Gugus Depan 09.115-09.116 MA Matholi’ul Huda Troso.

Dimas Wildan Badruzzaman (XII IPA-3) sebagai pemimpin upacara tampil sangat baik. Dengan suara lantang Dimas memimpin dari awal sampai akhir upacara dengan lancar. Bendera Merah Putih yang dikibarkan oleh Fima Kurnia Robbi (X D), Wahyu Aji Wijanarko (X B) dan Atika Sari (XII IPA-2) sampai pada ujung tiang dengan tepat. Penampilan sangat baik juga pantas disematkan kepada Siska Noviana Dewi (XII IPA-3) sebagai pengucap Pembukaan UUD 1945, Nailis Sa’adah (XI IPA-2) pengucap Pancasila, Risma Rochayati (XII IPA-2) pengucap Dasa Dharma.

Upacara diikuti oleh ratusan anggota pramuka perutusan dari SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK se-Kwarran Pecangaan. Selain itu, acara tahunan ini juga dihadiri oleh sejumlah anggota Mabicab, Ka Kwarcab, sejumlah Pengawas dari UPT Pecangaan, serta Ka Mabigus dan pembina perutusan dari gugus depan tingkat SD hingga SMA di wilayah Kwarran Pecangaan.

Sementara itu, kelompok paduan suara yang dipimpin oleh P. Suyanto, S.Pd. tampil memukau dengan kombinasi dinamika dan tingkat suara. Tim paduan suara ini adalah dari Persatuan Guru Negeri Kecamatan Pecangaan ditugaskan menyanyikan lagu-lagu nasional dan pramuka selama upacara berlangsung.

Dr. Soebroto, S.E., M.M. sebagai Ketua Harian Mabicab Kabupaten Jepara memberikan amanat Berdasarkan SK Kwarnas tertanggal 19 Juli 2016 yang ditandatangani langsung oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Dr. Adhyaksa Dault, SH, M.Si dengan tema Bangun Karakter Kaum Muda melalui Kegiatan yang Keren, Gembira, dan Asyik. Keputusan ini juga menetapkan Logo Hari Pramuka ke-55 Tahun 2016.”

“Pendidikan Kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia. Kaum muda yang berkarakter dan handal yang akan sanggup menghadapi tantangan globalisasi, sanggup menghadapi berbagai persoalan negeri ini, serta sanggup untuk menatap masa depan dengan lebih baik. Oleh karena itu, gerakan pramuka masih dan tetap relevan dengan berbagai dengan perkembangan zaman. Pramuka itu keren, gembira, asik dan menyenangkan harus terus dikembangkan secara terus menerus sehingga kaum muda bangga menjadi Pramuka”, ungkapnya.

Setelah upacara peringatan hari Pramuka ke-55 selesai Dr. Soebroto, S.E., M.M. menyerahkan penghargaan Dharma Bhakti dan Pancawarsa Gerakan Pramuka. Selain itu juga beliau memberikan penghargaan kepada Petugas Upacara secara simbolis oleh Dimas Wildan Badruzzaman.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 14 Agustus 2016 22:25

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.