Masuk

Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) 2016 - Keren, Gembira, Asyik

Featured Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) 2016 - Keren, Gembira, Asyik

MAMHTROSO.COM – Dewan Ambalan Setia Budi dan Fatmawati Gugus Depan 09.115 – 09.116 adakan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA), Jum’at kemarin (2/9/2016).

Sebanyak 220 siswa Kelas X dan 2 siswa dari Kelas XI yang terbagi menjadi 10 sangga putra dan 12 sangga putri mengikuti acara kali ini. Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan diadakan selain sebagai salah satu syarat untuk mengambil bet ambalan juga digunakan memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi Kelas X tentang gerakan kepramukaan di Gugus Depan 09.115/09.116 MA MH Troso.

Siswa-siswi Kelas X yang notabene sebagai anggota baru dari Ambalan Setia Budi dan Fatmawati dirasa perlu mengetahui adat-adat baik untuk menumbuhkan karakter positif yang dijunjung tinggi dalam gerakan kepramukaan MH Troso.

Lihat Galeri Kegiatannya - Klik tautan berikut

Mulai pukul 05.30 WIB peserta Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) sudah dibariskan di halaman Kampus MA MH Troso. Dan para Panitia PTA yang terbentuk dari Dewan Ambalan langsung melakukan presensi setiap sangga yang sudah dibagi sebelumnya. Sampai pukul 06.00 WIB seluruh peserta dan panitia PTA 2016 bersama-sama melaksanakan senam pramuka. Dilanjutkan ceking perlengkapan dan perbekalan. Kemudian tepat pukul 07.00 WIB upacara pembukaan dilaksanakan.

“Penerimaan tamu ambalan atau disebut PTA ini memang sudah menjadi program gugus depan/madrasah sekaligus program dari Dewan Ambalan yang dilaksanakan setiap awal tahun. Karena kegitan ini sebagai syarat bagi kalian siswa baru atau sebagai calon anggota Ambalan Setia Budi dan Fatmawati”, ungkap Mustain dalam amanatnya pada upacara pembukaan Penerimaan Tamu Ambalan 2016.

Selesai upacara para peserta PTA diberikan waktu untuk istirahat selama 10 menit dan untuk menambah semangat pada kegiatan tersebut dewan ambalan menampilkan yel-yel dengan diiringi musik dan gerakan dengan dipandu Siska Noviana Dewi pradana putrid an Agung Prastiyo pemangku adat.

Tepat pukul 08.00 WIB para peserta PTA mengikuti acara lintas alam yang melewati 3 pos. Pos pertama, adalah pos Yel-yel. Setiap sangga baik putra maupun putri ketika di pos pertama ini harus menampilkan yel-yel untuk membakar semangat para anggota sangga. Panitia juga membentuk tim juri untuk menilai kegiatan-kegiatan di semua Pos.

Pos kedua adalah tentang teknik kepramukaan (tekpram). Pada pos tekpram setiap sangga dibagi menjadi 4 kelompok, dan masing-masing kelompok mengerjakan 4 macam tekpram, yaitu semboyan, menaksir, simpul, dan sandi. Pos ketiga, adalah tentang ketangkasan. Setiap sangga dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama menyusun pazzel foto kegiatan kepramukaan di MA MH Troso, kelompok kedua menyelesaikan teka-teki silang yang materinya adalah tentang sejarah gerakan pramuka dan ambalan setia budi dan fatmawati. Pos ketiga, adalah tentang mental. Dimana peserta diuji panitia kemampuan mengucapkan doa-doa harian dan juga doa ritual madrasah.

Pukul 11.30 WIB peserta PTA melaksanakan sholat Jum’at di Masjid dekat rumah Bpk. Sayuti. Usai sholat Jum’at langsung kembali ke Madrasah. Sebelum diadakannya upacara penutupan panitia PTA mengadakan kegiatan outbond di halaman Madrasah. Upacara penutupan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan Setia Budi dan Fatmawati Gugus Depan 09.115 – 09.116 MA Matholi’ul huda Troso Tahun 2016 dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB sampai pukul 15.30 WIB.

 

(Syah)  

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 03 September 2016 13:38

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.