Masuk

Morning Briefing – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Berdoalah Benar-benar dari Hati

Featured Morning Briefing – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Berdoalah Benar-benar dari Hati

MAMHTROSO.COM - Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Matholi’ul Huda Troso kembali adakan morning briefing, Kamis (29/9/2016) pagi ini.

Morning Briefing atau apel pagi ini adalah salah satu agenda di lembaga pendidikan Islam yang berada di Desa Troso Pecangaan Jepara yang dilaksanakan secara kondisional. Selain untuk memberikan informasi kepada seluruh civitas akademika MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso, juga digunakan sebagai media oleh Kepala Madrasah untuk memberikan motivasi dan himbauan secara persuasif untuk menumbuhkan karakter siswa-siswinya.

Setelah bel dibunyikan pada pukul 06.50 WIB, sebanyak 1.300-an siswa langsung berkumpul dan duduk rapi di halaman madrasah. Mereka bersiap mendengarkan ceramah dan informasi yang disampaikan oleh Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un.

اَلْبَلَدُ الطَّيِّبُ يَخْرُجُ نَبَاتُهُ بِإِذْنِ رَبِّهِ وَالَّذِي خَبُثَ لَا يَخْرُجُ إِلَّا نَكِدًا

“Di tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah, dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana”. (Surat Al A’raf : 58)

Ayat Alqur’an yang dibacakan oleh Kepala Madrasah kemudian ditirukan oleh seluruh siswa. Dari Ayat tersebut beliau menyampaikan bahwa di MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso memiliki obsesi untuk menciptakan lembaga pendidikan yang tidak hanya memberikan pengajaran. Akan tetapi lembaga yang mendidik siswa-siswinya dengan seutuhnya.

Menyinggung etika siswa dalam berdoa dan izin tidak masuk sekolah. Drs. H. Nur Kholis Syam’un mengingatkan supaya siswa ketika berdoa benar-benar diniatkan dari hatinya, tidak hanya diucapkan dari mulut. Karena menurut beliau nilai-nilai kognisi dari pelajaran-pelajaran yang diajarkan di dalam kelas tidak dapat menjamin kesuksesan seseorang. Akan tetapi bentuk pembelajaran yang diciptakan MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso selain mengajarkan mata pelajaran juga harus menekankan etika siswa di dalam kelas, etika dengan guru, dan etika dengan sang pencipta Allah SWT. melalui berdoa yang sungguh-sungguh. Kemudian berkaitan dengan izin siswa Kepala Madrasah menyampaikan bahwa surat ijin harus diantar oleh keluarga bersangkutan. Dan mendapatkan izin ketika benar-benar sakit.

Hari Sabtu besok rencananya akan diadakan MH Variety Show. Kepala Madrasah menghimbau agar tidak ada satupun siswa yang kemudian tidak berangkat karena menganggap tidak ada pelajaran. Setiap kegiatan yang diagendakan madrasah terdapat nilai-nilai pelajaran yang tidak bisa diambil dari pembelajaran di kelas. Tujuannya adalah membiasakan siswa agar terlatih untuk tanggung jawab, kerjasama, berkarya, berkreasi, dan solidaritas antar siswa.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 17 November 2016 09:29

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.