Masuk

Rekor Baru, Kelas XI Mendominasi Perlombaan Dekorasi dan Kebersihan Kelas 2016

Featured Rekor Baru, Kelas XI Mendominasi Perlombaan Dekorasi dan Kebersihan Kelas 2016

MAMHTROSO.COM – Sebanyak 18 kelas di MA Matholi’ul Huda Troso tahun ini mengikuti Lomba Dekorasi dan Kebersihan antar kelas. Ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan tiap awal tahun pelajaran. Mulai bulan Agustus yang lalu setiap kelas diberikan dua bulan untuk menghias kelasnya masing-masing yaitu sampai Bulan September akhir kemarin.

Berbagai macam cara siswa-siswi MA MH Troso menghias kelasnya. Mulai dari mengecat dinding kelasnya dengan warna dasar yang sesuai desain, melukis, membuat tulisan khat, property seperti bunga, air mancur, dan juga menambahi dengan tulisan-tulisan inspiratif sesuai dengan tema yang diusung masing-masing kelas.

Mulai Hari Senin (26/9/2016) sampai Hari Jum’at (30/9/2016) tim dewan juri yang beranggotakan 8 orang guru melaksanakan penilaian. Diantara kriteria penilaiannya ada 5 kategori yang harus dipertimbangan untuk menentukan urutan ke-1 sampai urutan terakhir yaitu ke-18. Kriteria pertama adalah kesesuaian tema meliputi Hiasan dan eksplorasi tema. Kedua, kreatifitas meliputi tingkat kesulitan, komunikatif dan ide baru. Ketiga, estetika meliputi kombinasi warna dan kesopanan karya. Keempat, Orisinalitas kreasi siswa. Dan kelima, kebersihan. 

Pada Hari Sabtu (1/10/2016) kemarin, di tengah-tengah acara MH Variety Show hasil perlombaan dekorasi dan kebersihan kelas-pun diumumkan. Kelas XI IPA-3 berhasil keluar sebagai Juara I pada lomba ini. Sementara untuk juara kedua diraih oleh Kelas XI IPA-1, dan juara ketiga diraih oleh Kelas XII IPA-1. Kelas XII yang pada tahun-tahun sebelumnya selalu mendominasi sebagai juara, berbeda dengan tahun ini yang lebih didominasi Kelas XI.

Kedelapan belas Kelas yang menjadi peserta Lomba Dekorasi dan Kebersihan Kelas MA MH Troso Tahun 2016 adalah sebagai berikut :

1. Juara Pertama : Kelas XI IPA-3

Mengusung tema slogan utama treveling Indonesia yaitu “Pesona Indonesia”, Kelas XI IPA-3 yang dimotori oleh Zunalia Ahmad, dkk. ini berhasil menaklukkan para seniornya di Kelas XII. Keindahan alam dan keaneragaman budaya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, dilukiskan pada semua sisi dindingnya dengan detail. Pada dinding bagian belakang juga dilukiskan keragaman agama dengan melukiskan tempat peribadahan setiap agama, dan juga keragaman suku lengkap dengan pakaian khas daerah-daerah di Indonesia.

2. Juara Ke-2 : Kelas XI IPA-1

Dengan Tema Kelas “Negeri Dongeng”. Ramdhan Khalid, dkk. ingin menciptakan suasana kelasnya sebagaimana pada film-film cartoon negeri dongeng. Seluruh sisi dindingnya dilukis dengan tumbuhan-tumbuhan langkah khas dongeng. Diantaranya jamur berukuran besar, ranting pohon, dan juga bunga-bunga yang indah. Pada bagian tengah belakang juga dilukis kastil yang menjadi ikon negeri dongeng.

3. Juara Ke-3 : XII IPA-1

Satu-satunya kelas XII yang masih berada di 3 besar pada Perlombaan Dekorasi dan Kebersihan Kelas tahun ini. Kelas ini didominasi dinding batu bata besar dengan tema “Kingdom of Class”. Mereka ingin menggambarkan suasana istana kerajaan masa lampau ke dalam kelasnya. Lukisan istana yang terlihat 3D itupun tersuguhkan di diding bagian belakang seakan-akan sangat nyata.

4. Peringkat ke-4 : XI IPA-2

Tema “Anime Wayang”, melukiskan tokoh pewayangan Pandawa dan Kurawa yang saling berseteru. Pada dinding belakang bagian tengah juga terdapat lukisan kelir khas wayang. Paduan warna kontras yang apik diaplikasikan pada kelas ini.

5. Peringkat ke-5 : XII IPA-3

Tema kelas ini diambil dari tokoh pahlawan wanita asal Jepara “RA. Kartini”. Kelas ini terlihat sangat penuh dengan lukisan bunga, mulai dari yang kecil-kecil sampai bunga yang besar. Sebagai tambahan efek 3D bahan Styrofoam juga digunakan pada dinding belakangnya.

6. Peringkat ke-6 : XII IPA-2

Tema “Keindahan dalam Kesengsaraan”. Dari lukisan yang ditampilkan dalam kelas ini, adanya rumah tua yang sudah berlubang temboknya. Namun di balik lubang tembok tersebut terdapat pemandangan alam pegunungan dan hamparan sawah yang indah. Kelas ini juga menambahi hiasan air mancur dari bamboo di pojok depannya.  

7. Peringkat ke-7 : X E

Mengangkat tema dari kearifan budaya lokal Desa Troso, Kelas X B berhasil meraih nilai tertinggi dibanding kelas-kelas X yang lainnya. Tema “The Beauty of Troso” menjadi andalan mereka untuk menghias ornamen-ornamen khas kain tenun ikat Troso.

8.  Peringkat ke-8 : X D

Di dinding belakang terdapat lukisan karakter-karakter Reog Ponorogo. Ini menguatkan bahwa tema yang mereka angkat adalah “The Culture of Reog Ponorogo”. Jathil, Warok, Barongan, dan Bujang Wanong, dan Klono Sewandono tergambar sebagaimana melakukan pertunjukan di tengah-tengah jalan.

9. Peringkat ke-9 : XII IPS-2

Dengan Tema “Kebudayaan Leak dan Bali” kelas XII IPS-2 ini mengangkat kebudayaan bali sudah sering diangkat pada tahun-tahun sebelumnya. Meskipun begitu ternyata hiasan dan ornamen yang diaplikasikan di kelas ini sangat berbeda. Di tengah-tengah diding bagian belakang terdapat gambar wajah leak khas bali dan ditambah dengan pure-pure kecil di sekelilingnya.

10. Peringkat ke-10 : XI IPS-3

Dengan mengangkat tema “Beauty of Nature” atau keindahan alam, kelas XI IPS-3 ini melukis dindingnya dengan pemandangan air terjun, pulau-pulau, dan tebing. Terdapat sungai yang banyak ikan, angsa, dan hewan-hewan lainnya. Cat berwarna biru terlihat menyatu dengan tema yang diangkat.

11. Peringkat ke-11 : XI IPS-2

Kelas yang menduduki peringkat ke-11 ini mengangkat tema “Jogja Istimewa”. Dari lukisan dindingnya banyak objek-objek khas dari jogja. Adanya tugu jogja, becak, kraton jogja, lampu, dan kelir wayang khas jogja terpasang di setiap sisi dindingnya. Terdapat juga tulisan-tulisan filosofi khas jawa seperti “wong bodho kocap tanpo dipiker, wong pinter miker sik lagi kocap”, dll.

12. Peringkat ke-12 : XII IPS-3

Mengakat kebudayaan dari tanah Sunda Kelas XII IPS-3 menghias kelasnya dengan tema “Wayang Golek Cepot”. Tokoh wayang golek ini pernah booming di saluran televisi nasional memang terkenal unik dan lucu. Pada dinding belakang kelas ini terdapat lukisan wajah dari wayang golek cepot yang merah, bergigi cakil, dan memakai blangkon.

13. Peringkat ke-13 : X B

Sempat tercecer pada awal start menghias kelas, akhinya kelas X B yang notabene sebagai kelas junior ternyata berhasil menduduki peringkat ke-13 dengan tema “Minimalis Art”. Sesuai dengan temanya kelas ini mengangkat tema yang sederhana. Akan tetapi hiasan yang mereka buat ternyata tidak kalah dengan kelas lainnya. Terdapat gambar pohon-pohon pada dinding samping kanan kiri. Pada dinding belakang terdapat  gambar burung dan deretan foto pahlawan yang disusun secara rapi.

14. Peringkat ke-14 : X C

Tema “Bleach” adalah serial manga dari Jepang yang dikarang oleh Tite Kubo. Dari tema tersebut jelas tergambar dari dinding bagian belakangnya terdapat 2 karakter yang sedang bertarung. Dengan didominasi warna hitam dan abu-abu kelas ini terlihat kelam sebagaimana yang tergambar dalam cerita serial manga Bleach yang diangkatnya.

15. Peringkat ke-15 : XII IPS-1

Kelas ini sangat berbeda dengan kelas-kelas lainnya. Mereka menggunakan spray paint atau lebih dikenal dengan pilox untuk menghias seluruh dinding kelasnya. Dengan tema “The Creation of Spray Paint” mereka menggambar karkater-karakter imajinasi dengan teknik semprot.

16. Peringkat ke-16 : X A

Tema kelas “Sonic” ini ternyata itu adalah karakter utama dari serial permainan video Sonic the Hedgehog milik Sega asal Amerika Serikat. Mereka menggambar dinding kelas dengan berbagai macam karakter-karakter yang ada di serial permainan tersebut. Dengan dominan warna abu-abu dan juga background mengeluarkan yang mengeluarkan laharnya, menambah suasana kelas X A seakan-akan menyatu dengan serial permainan tersebut.

17. Peringkat ke-17 : X F

Dengan Tema “Filosofi of Java” kelas X A mencoba peruntungannya dalam lomba dekorasi dan kebersihan kelas tahun ini. Gambar tugu jogja sebagai senternya dan dihiasi animasi pemain musik jawa, serta diberi background perkotaan. Ternyata itu kurang cukup untuk menarik perhatian para juri.

18. Peringkat ke-18 : XI IPS-1

“Battle of Surabaya” tema yang diangkat oleh Kelas XI IPS-1 ini sebetulnya luar biasa. Akan tetapi siswa kurang berani mengeksplore kreasi-kreasi yang diambil dari tema tersebut. Pada dinding belakang terpampang tulisan besar “Battle of Surabaya”, di dinding samping kanan terdapat gambar Soekarno dan dinding sebelah kiri gambar Bung Tomo. Background yang sederhana bayangan-bayang gedung peperangan dimuculkan untuk dominasinya.

Terakhir diperbarui pada Jumat, 07 Oktober 2016 11:19

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.