Masuk

Morning Briefing, Penyerahan Tropi Festival Pelajar dan WSC UNNES Semarang – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Pahamilah Makna Kehidupan

Featured Morning Briefing, Penyerahan Tropi Festival Pelajar dan WSC UNNES Semarang – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Pahamilah Makna Kehidupan

MAMHTROSO.COM - Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Matholi’ul Huda Troso kembali adakan morning briefing, Selasa (01/11/2016) pagi ini. 

Morning Briefing ini dilaksanakan secara kondisional. Selain untuk memberikan informasi kepada seluruh civitas akademika MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso, juga digunakan sebagai media oleh Kepala Madrasah untuk memberikan motivasi dan himbauan secara persuasif untuk membangun karakter siswa-siswinya. Setelah bel dibunyikan pada pukul 06.50 WIB, lebih dari 1.300-an orang siswa langsung berkumpul dan duduk rapi di halaman madrasah. Mereka bersiap mendengarkan ceramah dan informasi yang disampaikan oleh Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un.

“Banyak diantara kalian yang belum memahami makna kehidupan, padahal dengan memahami makna kehidupan seseorang akan menjadi manusia yang seutuhnya. Makanya disini kalian tidak hanya seperti robot yang sekolah masuk pagi pulang siang, tetapi kalian disibukkan dengan berbagai macam kegiatan supaya memahami makna dari kehidupan”, ungkap Drs. H. Nur Kholis Syam’un di awal pidatonya.

Seperti halnya di dalam salah satu ayat al qur’an yang 2 minggu lalu disampaikan oleh Kepala Madrasah,

اَلْبَلَدُ الطَّيِّبُ يَخْرُجُ نَبَاتُهُ بِإِذْنِ رَبِّهِ وَالَّذِي خَبُثَ لَا يَخْرُجُ إِلَّا نَكِدًا

Di taman yang baik akan tumbuh tanaman yang baik atau tunas-tunas unggul. Madrasah adalah ibarat sebagai taman yang baik. Karena di madrasah selain diajarkan pendidikan umum juga diajarkan pendidikan agama dan dikemas dengan kegiatan-kegiatan pendidikan yang menyenangkan. Maka siswa yang sering terlambat, tidak tertib atribut, serta tidak khusuk ketika berdoa, bearti mereka adalah siswa yang tidak paham makna hidup dan mereka adalah yang tidak mau menjadi tunas-tunas unggul.

Selain itu juga akan ada tambahan dalam tata tertib madrasah berkaitan dengan izin siswa. Siswa yang tidak masuk sekolah dengan alasan pergi ziarah, maka tidak diberikan izin dari madrasah atau dianggap A (alpa). Pihak madrasah tidak melarang siswa untuk melaksanakan ziarah, akan tetapi ziarah bisa dilaksanakan ketika hari libur. Sehingga tidak mengorbankan kewajiban menuntut ilmu di madrasah.

Informasi berikutnya adalah Pekan Ulangan Bersama (PUB) Ke-2 Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016-2017 akan dilaksanakan pada tanggal 14 November 2016. Berbeda dengan PUB sebelumnya yang menjadwalkan 3 mata pelajaran untuk diujikan setiap harinya dan dilanjutkan Proses Belajar Mengajar (PBM), PUB yang akan datang akan mengujikan 4 mata pelajaran setiap harinya dan tidak dilanjutkan dengan PBM.

Sementara untuk penyelenggaraan Ulangan Akhir Semester (UAS) Gasal akan dilaksanakan pada tanggal 28 November 2016. Dilanjutkan dengan Class Meeting dan Lomba Keterampilan Penegak (LKP) Ke-3. Kegiatan Class Meeting di MA MH Troso tidak hanya mengisi kegiatan untuk menunggu penerimaan raport. Akan tetapi kegiatan ini dirancang oleh Panitia dengan kegiatan-kegiatan yang benar-benar berkualitas. Akan ada 20 macam lomba yang akan dipertandingkan dalam ajang Class Meeting yang akan datang.

Bakti Sosial Masyarakat, salah satu Program Kerja Dewan Ambalan Setia Budi dan Fatmawati ini akan dilaksanakan pada Bulan Desember mendatang. Bakti Sosial ini rencanakan dengan 2 macam kegiatan, yaitu yang pertama memberikan tempat sampah di masjid dan Musholah, kedua yaitu memberikan bantuan kepada Panti Asuhan terdekat. Maka untuk menunjang terlaksananya kegiatan Bakti Sosial tersebut para Dewan Ambalan menggalang dana dari seluruh siswa sebesar Rp 10.000,- yang bisa dibayar selama Bulan November.

Terakhir, Morning Briefing kali ini ditutup dengan penyerahan tropi hasil kejuaraan Festival Pelajar yang diadakan oleh Radar Kudus. Perwakilan siswa MA MH Troso berhasil meraih juara pertama pada lomba 3D Wall Magazine dan juara ketiga lomba karikatur. Sedangkan pada kejuaraan Wijaya Scout Competition (WSC) UNNES Semarang yang diikuti oleh siswa MTs. MH Troso berhasil meraih juara umum.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 17 November 2016 09:30

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.