Masuk

Upacara Pengibaran Bendera – Amin Sutanto, S.Ag. : Raihlah Manusia dengan Predikat Khairu Ummah

Featured Upacara Pengibaran Bendera – Amin Sutanto, S.Ag. : Raihlah Manusia dengan Predikat Khairu Ummah

MAMHTROSO.COM – MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso kembali selenggarakan Upacara Pengibaran Bendera Sang Merah Putih, Sabtu (12/11/2016) pagi ini. Dimulai pada pukul 07.00 WIB, Upacara yang diikuti lebih dari 1.300 orang siswa ini bertempat di halaman MTs. Matholi’ul Huda Troso.

Perwakilan dari siswa Kelas XI menjadi petugas pada acara pagi tadi. Pembawa Acara oleh Kharirotus Suadah (XI IPA-3), pembaca Pembukaan UUD 1945 oleh Dika Amalia (XI IPA-2), dan pembaca doa oleh Mutik Hanim Mufallaha (XI IPA-1). Sedangkan untuk pengibar bendera adalah Fiqi Saputro (XI IPA-2), Ahmad Thoha Mansyur (XI IPA-3), Malinda Noor Lailatul Qodriyyah (XI IPA-2). Pemimpin upacara oleh Reza Andrian (XI IPS-2).

Bertindak sebagai pembina upacara, Amin Sutanto, S.Ag. salah satu guru TIK ini menyampaikan amanatnya kepada seluruh civitas akademika MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso.

Dalam amanat singkatnya, Amin Sutanto berpesan kepada seluruh peserta upacara untuk berlomba-lomba menjadi manusia yang mendapat predikat khairu ummah. Beliau berpesan agar siswa mengutamakan akhlaknya, sebagaimana tujuan pertama kali diutusnya Nabi Muhammad SAW. adalah untuk menyempurnakan akhlak.

"Innama bu'istu litammima makarimal akhlak – sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak. Karena pada masa itu kaum jahiliyah sudah maju dalam peradabannya, tapi akhlak yang mereka praktikan sangat jauh dari peradaban”, ungkap Amin.

 

Kata Khairu Ummah tersebut terdapat dalam surat Ali Imran : 110

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ

Artinya: “Adalah kamu sebaik-baik umat yang diutus untuk manusia menyuruh berbuat baik (ma’ruf) dan mencegah dari perbuatan munkar dan beriman kokoh kepada Allah”.

“Banyak yang harus kalian perbaiki sebagai siswa, karena ternyata perilaku-perilaku negatif terkadang masih kalian lakukan baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Bahkan guru-pun sudah bosan menghukum kalian dari yang paling ringan sampai terberat untuk mengubah sikap kalian. Seharusnya kalian segera sadar diri dan bertaubat, berubah menjadi siswa berakhlak dan berkarakter, supaya kelak mendapat predikat khairu ummah”, pungkasnya.

Setelah upacara selesai, dilanjutkan penampilan pidato dari siswa. Risma Rochayati siswa asal Kelas XII IPA-3 menyampaikan tentang Gerakan Illuminati atau disebut kumpulan orang penganut Dajal.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 13 November 2016 07:57

1 komentar

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.