Masuk

Siswa Antusias Ikuti Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja

Featured Siswa Antusias Ikuti Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja

MAMHTROSO.COM – Sebagai program dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Pecangaan untuk mengadakan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) dan Aku Bangga Aku Tahu (ABAT), MA Matholi’ul Huda Troso kedatangan dua orang nara sumber dari Puskesmas Kecamatan Pecangaan. Mereka adalah Ibu Febriani yang menyampaikan tentang kesehatan reproduksi remaja (KRR) dan Bapak Rusdiono yang menyampaikan tentang Bahaya Penyakit HIV dan Infeksi Menular Seksual (IMS).

Acara penyuluhan ini dimulai pada pukul 09.30 WIB hingga pukul 12.30 WIB. Bertempat di Aula Madrasah dan diikuti kurang lebih 40 orang siswa dari perwakilan masing-masing kelas.

“Penyuluhan ini tujuannya untuk memberikan wawasan kepada para remaja supaya nanti menjadi keluarga-keluarga sehat,” kata Febriani dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Pecangaan saat mengisi acara penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) di MA Matholi’ul Huda Troso pagi ini, Sabtu (12/11/2016).

Diakuinya, pengetahuan remaja soal kesehatan reproduksi terbilang masih sangat minim. Rendahnya pengetahuan yang mereka miliki bermuara pada tren peningkatan pergaulan bebas yang mengarah pada seks bebas, dan penularan HIV/AIDS di Indonesia.

“Jangan mau dibohongi, hanya dengan ditraktir bakso, dibelikan pulsa, diberi uang Rp 15.000,- kalian para remaja perempuan merasa diperhatikan dan mau diajak ke tempat sepi berduaan, dan akhirnya hamil ketika masih sekolah. Ini adalah contoh yang sangat merugikan kehidupan kalian, selain merugikan untuk masa depan, juga bagi kesehatan sangat berbahaya”, tambahnya.

Pada kesempatan itu, perempuan yang berprofesi sebagai bidan di Puskemas Pecangaan tersebut memaparkan berbagai pengetahuan soal kesehatan reproduksi, mulai dari pengenalan masa pubertas, hingga penyakit menular seksual.

Para peserta terlihat penuh antusias mengikuti jalannya penyuluhan, terbukti banyak sekali pertanyaan yang dilayangkan kepada para pemateri. Diantaranya adalah Rinfaati Dewi siswa asal XI IPA-3 ini menanyakan tentang hamil anggur. Kemudian Siska Noviana Dewi, siswa kelas XII IPA-3 ini menanyakan tentang penyebab wanita sering marah ketika menstruasi. Dan Muna Tia Nihayatun Zen yang menanyakan penyebab kanker serviks.

 

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 13 November 2016 07:57

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.