Masuk

Intrakurikuler Pramuka – Siswa Heboh Latihan Senam Pramuka Bersama

Featured Intrakurikuler Pramuka – Siswa Heboh Latihan Senam Pramuka Bersama

MAMHTROSO.COM – Dewan Ambalan Setia Budi dan Fatmawati Pramuka MA Matholi’ul Huda Troso adakan latihan senam pramuka bersama, Selasa kemarin (17/1/2017).

Sudah bertahun-tahun kegiatan pramuka menjadi salah satu kegiatan intrakurikuler di madrasah ini. Setelah pada minggu kemarin melaksanakan kegiatan outbond untuk mengawali semester genap, kali ini para pengurus dewan ambalan berinisiatif untuk memberikan materi latihan yang fokus pada persiapan Lomba Keterampilan Penegak (LKP) Ke-4 di penghujung semester nanti.

Kegiatan Pramuka di MA Matholi’ul Huda Troso memang sengaja dimasukkan ke dalam salah satu kegiatan intrakurikuler atau masuk dalam jam pelajaran, yaitu pada jam ke-7 dan ke-8 pada setiap hari Selasa. Dengan kegiatan pramuka yang diintrakurikulerkan ini harapan madrasah dapat memberikan pendidikan karakter kepada siswa-siswinya. Siswa tidak hanya fokus belajar di dalam ruangan, tetapi siswa juga belajar di luar kelas dengan bentuk kegiatan-kegiatan yang menekankan pada kedisiplinan, tanggung jawab, kerjasama, dan kebersamaan yang tinggi. Selain itu dengan kegiatan pramuka ini dapat dijadikan sebagai media refreshing siswa karena banyak kegiatan-kegiatan di dalamnya yang bersifat menyenangkan.

Senam Pramuka merupakan salah satu bentuk olah tubuh yang dimiliki gerakan pramuka Indonesia. Dalam senam ini terbagi menjadi 3 bagian, mulai dari gerakan pemasanan, gerakan inti, dan gerakan pendinginan. Pada Selasa kemarin Dewan Ambalan yang berperan sebagai pemateri mengajarkan para anggotanya gerakan pemanasan.

Mulai pukul 12.00 WIB, sebanyak 700-an siswa yang terbagi menjadi 18 kelompok memenuhi lapangan, baik lapangan bagian depan maupun belakang madrasah untuk latihan senam ini. Kemudian sampai pada pukul 13.00 WIB, para dewan ambalan setelah selesai melatih gerakan pemanasan, mereka kemudian melakukan demonstrasi senam pramuka bersama. Usai demonstrasi dari Dewan Ambalan, dilanjutkan para siswa memperagakan gerakan-gerakan senam yang baru saja diajarkan. Senam bersama ini dimulai dari siswa perempuan kemudian dilanjutkan siswa laki-laki.

Kehebohan dalam senam bersama ini menjadi puncak latihan kegiatan pramuka kemarin. Dan rencananya minggu depan akan dilanjutkan dengan materi senam gerakan inti. (Syah)   

     

Terakhir diperbarui pada Rabu, 18 Januari 2017 10:40

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.