Masuk

Pelantikan Penegak Bantara Ambalan Setia Budi dan Fatmawati – Hujan Mengguyur Lebat

Featured Pelantikan Penegak Bantara Ambalan Setia Budi dan Fatmawati  – Hujan Mengguyur Lebat

MAMHTROSO.COM – Dewan Ambalan Setia Budi dan Fatmawati Pramuka MA Matholi’ul Huda Troso adakan kegiatan Ujian SKU Dan Pelantikan Penegak Bantara, Jumat kemarin (21/1/2017).

Lihat galeri kegaitannya - klik di sini

Kegiatan ini memang menjadi salah satu program kerja dari Gugus Depan 09.115-09.116 MA Matholi’ul Huda Troso dan Alhamdulillah telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Meskipun diguyur hujan deras sejak pagi sampai siang hari, ternyata tidak menyurutkan langkah dan antusias ratusan para peserta.

Diikuti oleh seluruh siswa Kelas X yang berjumlah 213 orang siswa yang terbagi menjadi 10 sangga putra dan 12 sangga putri. Ujian SKU dan Pelantikan Penegak Bantara ini berpusat di madrasah dan lingkungan sekitar Desa Troso Selatan.

Kegiatan ini dimulai pukul 06.30 WIB dengan melakukan senam pramuka bersama, kemudian checking perlengkapan. Pukul 08.15 WIB para peserta melakukan perjalanan untuk ujian SKU ke 4 pos yang telah ditentukan dengan rute yang berbeda tiap sangganya. Disana mereka diuji oleh para penguji dengan materi yang telah diberikan. Diantaranya materi sholat berjamaah, pengamalan pancasila, sejarah pandu dunia dan kepramukaan, Baris-berbaris dan lain-lain.

Pukul 11.30 WIB, kegiatan ujian SKU selesai dan dilanjutkan isitirahat. Untuk peserta penagak putra mengikuti sholat jum’at di Masjid datuk Ampel Troso, sementara untuk peserta penegak putrid langsung melanjutkan kegiatan yang paling seru yaitu outbond. Diantaranya merayap di atas tanah, berjalan di atas satu bambu, dan lain-lain. Outbond ini selain bersifat menyenangkan juga dimaksudkan untuk menguji kekompakan, kerjasama, konsentrasi, dan mental para peserta.

Usai outbond, seluruh peserta kembali ke madrasah untuk bersiap melanjutkan upacara penutupan dan pelantikan penegak bantara. Pada upacara ini, Bpk. Mustain, S.Sos.I. sebagai pembina pramuka melantik para peserta dengan membacakan Tri Satya sebagai pengulangan janji seorang pramuka yang diikuti oleh seluruh peserta, kemudian memberikan TKU Bantara kepada perwakilan peserta yaitu Fima Kurnia Robbi (X D) dan Siti Muzaro’ah (X B).

Kegiatan Ujian SKU dan Pelantikan Penegak Bantara ini diakhiri dengan seluruh peserta bersalaman dengan Dewan Ambalan dan pulang ke rumah masing-masing. Selanjutnya akan diadakan Ujian SKU dan Pelantikan Penegak Laksana pada Hari Jum’at (3/2/2017) mendatang. (SND/Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 31 Januari 2017 12:55

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.